8 Manfaat dan Cara Tepat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan, Kalian Harus Tahu

8 Manfaat dan Cara Tepat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan, Kalian Harus Tahu

--

DISWAY JOGJA - Di balik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Manfaat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1.       Sumber Nutrisi

Pisang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, potassium, magnesium, dan serat. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B6 penting untuk fungsi otak dan produksi sel darah merah. Potassium dan magnesium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta berperan dalam fungsi otot dan sistem saraf.

2.       Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu meningkatkan gerakan usus, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

3.       Menyediakan Energi

Kandungan karbohidrat dalam pisang, terutama dalam bentuk gula alami, memberikan sumber energi yang baik. Makan pisang sebelum atau selama aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan stamina dan kinerja fisik.

4.       Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang mengandung potassium yang dapat membantu menjaga tekanan darah normal. Mengonsumsi makanan yang kaya potassium dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

5.       Membantu Regulasi Mood

Pisang mengandung triptofan, asam amino yang berperan dalam produksi serotonin. Serotonin adalah zat kimia dalam otak yang berperan dalam regulasi mood dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati.

6.       Menyediakan Antioksidan

Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti dopamin dan katekin. Antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh dan dapat membantu mencegah penyakit kronis.

7.       Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

8.       Mengurangi mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Cara Sehat dan Tepat Mengonsumsi Pisang

Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan atau camilan manis yang rendah kalori dan bergizi. Namun, batasi konsumsi pisang yang diolah dengan cara digoreng, seperti menjadikannya pisang goreng atau pisang molen.

Menggoreng bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalam pisang dan justru meningkatkan kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat pisang secara maksimal, Anda dapat mengolahnya dengan cara berikut ini:

1.       Untuk mengolahnya menjadi jus atau smoothie, Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.

2.       Bila ingin mencampurnya dengan sereal atau oatmeal, Anda bisa menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.

3.       Pisang yang dihaluskan juga bisa dicampur ke adonan untuk membuat kue bolu.

4.       Pisang juga dapat digunakan sebagai pengganti selai pada roti.

Untuk mendapatkan manfat pisang tersebut, ada baiknya bila Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com