5 Langkah Skincare untuk Pria: Jangan Sampai Salah Para Pria

5 Langkah Skincare untuk Pria: Jangan Sampai Salah Para Pria

--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Selain wanita, pria juga membutuhkan skincare untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Pria lebih banyak yang beraktivitas di luar ruangan, sehingga dapat meninggalkan debu, kotoran, polusi dan bakteri yang menjadi sumber masalah bagi kesehatan kulit wajah.

Jika tidak rutin menggunakan skincare, debu dan kotoran akan menumpuk pada wajah Anda dan dampaknya akan beruntusan, muncul jerawat, komedo dan kulit wajah akan terlihat lebih kusam.

Step Skincare Yang Benar

1. Face Wash

Setelah beraktivitas seharian, tentunya debu, kotoran dan bakteri melekat pada kulit wajah Anda. Wajib dibersihkan menggunakan face wash agar kulit wajah terasa lebih segar, selain untuk membersihkan debu, kotoran dan bakteri face wash dapat membantu membersihkan sisa produk seperti sunscreen yang masih menempel pada kulit wajah Anda.

Jika tidak dibersihkan dengan baik sisa sebum dan kotoran akanmenyebabkan munculnya jerawat dan adanya permasalahan baru pada kulit wajah Anda. Menggunakan face wash cukup digunakan pada pagi hari dan malam hari agar kulit wajah tidak terasa kering. Pilih jenis face wash yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui! Dapat Menurunkan Resiko Kanker

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan sebum dari kulit. Dilakukan sebaiknya 1-2 kali dalam seminggu selama 30 menit. Untuk jenis kulit berminyak dianjurkan 3 kali dalam seminggu, jenis kulit kering dan kulit sensitive maksimal 2 kali dalam seminggu saja.

3. Serum

Setelah eksfoliasi, selanjutnya menggunakan serum untuk melembapkan wajah yang menutrisi kulit, membuat kulit lebih cerah, serta menyamarkan noda hitam atau tanda - tanda penuaan di wajah. Sebaiknya digunakan setiap hari saat pagi dan malam hari.

Jika jenis kulit Anda kering, carilah serum yang mengandung hyaluronic acid. Untuk memerangi garis halus dan tanda penuaan, pilih jenis serum yang mengandung retinol.

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan kulit kusam, gunakan serum yang memiliki kandungan vitamin C dengan intensitas yang tinggi. Jenis kulit yang berjerawat, menggunakan serum dengan kandungan salicylic acid untuk melawan jerawat dan menghilangkan sumbatan pada pori - pori.

4. Moisturizer

Moisturizer merupakan salah satu pelembap wajah yang berfungsi untuk mengembalikan hidrasi pada kulit wajah, dapat mengencangkan dan menggantikan nutrisi yang hilang saat membersihkan wajah. Cara penggunaannya cukup pada pagi hari dan malam hari.

BACA JUGA:5 Tips Mix and Match Warna Outfit Pria Kekinian : Pria Wajib Tahu!!

5. Sunscreen

Step terakhir yaitu menggunakan sunscreen, sunscreen hanya digunakan saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas dan di ulang setiap 2 jam sekali agar terhindar dari paparan sinar ultraviolet (UV). Jika tidak menggunakan sunscreen, kulit akan terlihat kusam, dapat menimbulkan flek hitam, dan tanda - tanda penuaan dini, serta meningkatkan risiko kanker kulit pada waja. Pilihlah sunscreen yang ber-SPF 30 ke atas dan disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Sedangkan pada malam hari, Anda dapat menggunakan pelembap yang berbeda. Gunakan pelembap yang memiliki bahan aktif untuk menutrisi kulit Anda saat tidur di malam hari. Karena saat malam hari, kulit akan meregenerasi dua kali lebih cepat.

Hasil dari 5 step skincare diatas jika pemakaiannya rutin atau konsisten itu adalah kunci perawatan wajah yang baik dan benar. Hasil tidak akan terlihat pada pemakaian hanya 2 atau 3 kali pemakaian saja. Selain itu step yang diatas harus sesuai agar hasil lebih memuaskan dan wajah Anda akan menjadi lebih cerah serta tidak terlihat lebih kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: