Hati-hati Alami ini Jika Kamu Malas Menggosok Gigi!

Hati-hati Alami ini Jika Kamu Malas Menggosok Gigi!

Ilustrasi menyikat gigi--

DISWAYJOGJA.ID - Salah satu aktifitas yang harus dilakukan setiap hari yakni menyikat gigi. Bukan hanya sekali, melainkan minimal dua kali sehari.

Bukan tanpa alasan, menyikat gigi merupakan upaya untuk menjaga kebersihan gigi sekaligus kesehatan tubuh. Namun sayangnya, kebiasaan ini kerap diacuhkan oleh sebagian orang, terlebih pada malam hari.

Padahal, menyikat gigi pada malam hari sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan gigi manusia. Karena di malam hari mulut menghasilkan lebih sedikit air liur ketika kita tidur.

Kondisi ini, sangat mendukung kuman dan bakteri untuk berkembang lebih cepat dan mengubah sisa makanan menjadi asam. Yang pada akhirnya dapat menyebabkan gigi berlubang. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan juga akan menumpuk dan perlahan membentuk karang gigi.

Nah, Apakah Anda termasuk orang yang malas menyikat gigi sebelum tidur? Mulai sekarang, Anda perlu mengubah kebiasaan tersebut karena tidak menyikat gigi sebelum tidur dapat menyebabkan berbagai masalah yang serius. Beberapa masalah tersebut, antara lain:

- Gangguan, Jantung dan Paru-paru

Melansir Mayo Clinic Kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga dengan baik bisa memicu perkembangan bakteri, dan bakteri bisa masuk ke aliran darah yang pada akhirnya akan bisa mempengaruhi kerja jantung maupun paru-paru.

1. Memicu Bau Mulut

Tidak menggosok gigi sebelum tidur, menyebabkab kuman akan berkembang sehingga memicu bau tak sedap.

2. gigi Berlubang dan Peradangan Gusi

Bakteri yang berkembang terlalu banyak bisa menyebabkan masalah gigi berlubang dan peradangan pada gusi. Bila sudah terjadi infeksi, maka bakteri bisa leluasa masuk ke aliran darah dan mengganggu sistem kerja pada tubuh.

3. Penyakit Kronis

Kehilangan gigi (akibat kerusakan gigi), sangat berkaitan dengan penyakit diabetes, asma, gangguan hati, arthritis, stroke, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

4. Penumpukan Karang gigi

Saat kita malas menyikat gigi sebelum tidur, sisa makanan yang bercampur dengan bakteri Streptococcus mutans di dalam mulut perlahan akan membentuk plak pada gigi.

Bila dibiarkan plak gigi tersebut, perlahan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi yang membandel. Dan ia dapat merusak enamel gigi serta menyebabkan kerusakan gigi. Bila sudah terjadi, tentu tidak bisa hanya dbersihkan dengan sikat gigi maupun benang. Melainkan harus ke dokter ahli yang pasti akan menghabiskan biaya lebih.

Bagaimana? Tidak mau terkena hal-hal seperti diatas? Yuk, biasakan bersikat gigi dan ajari generasi kita untuk hidup sehat sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: