Temukan 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Temukan 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ketahui 5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan--

DISWAY JOGJA - Ada banyak manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. Selain, itu alpukat juga dapat bermanfaat untuk kecantikan.

Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi. Berbagai kandungan nutrisi tersebut seperti seperti mineral, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Dikutip dari buku Berkebun 21 Jenis Tanaman Buah, Drs. H. Hendro Sunarjono (2008: 131), Tanaman atau buah alpukat yang berasal dari Amerika Tengah ini, yaitu Meksiko, Peru hingga Venezuela.

Saat ini alpukat telah menyebar ke berbagai macam seluruh dunia hingga Asia Tenggara termasuk Filiphina dan Indonesia. Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut.

1.Dapat melembabkan kulit

Yang pertama pemanfaatan buah alpukat yaitu dapat melembabkan kulit. Hal ini disebabkan buah tersebut memiliki nutrisi yang tinggi akan mineral, vitamin, air, dan lemak baik untuk dapat dijadikan bahan alami guna mengatasi kulit pecah-pecah atau kulit kering.

2. Mencegah munculnya jerawat

Kedua manfaat alpukat dapat dirasakan untuk wajah. Dalam hal ini yaitu mampu mengurangi munculnya jerawat. Kandungan omgea 3 dan vitamin C pada buah alpukat, dapat mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi kemunculan jerawat pada wajah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ketiga buah alpukat memiliki sumber lemak yang sehat, serat, mineral, vitamin dan protein yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Pola makan sehat yang tinggi sayuran dan buah, termasuk alpukat, bisa menurunkan lonjakan kolesterol jahat dan memproduksi lebih banyak kolesterol baik pada tubuh.

4. Memaksimalkan dan Mencegah Pengobatan Kanker

Keempat buah alpukat terkenal memiliki asupan folat yang baik untuk tubuh. Dalam hal ini folat mampu melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan.

Alpukat sangat berperan dalam pengobatan kanker. Hal ini disebabkan karena fitokimia dalam alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan prakanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Dan yang terakhir Alpukat memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut berkerja sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki dan mencegah kerusakan mata.

Selain itu, asupan zeaxhantin dan lutein sangat baik dalam mencegah penyakit pada mata akibat penuaan. Hal ini seperti penyakit katarak dan degenerasi makula.

Itulah beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang sayang untuk dilewatkan bagi anda. Ingatlah untuk rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan tubuh lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kecantikan