Rekomendasi 7 Tempat Wisata Purbalingga yang Instagramable, Cocok Buat Kamu Kunjungi!

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Purbalingga yang Instagramable, Cocok Buat Kamu Kunjungi!

Alun - alun Purbalingga--

DISWAY JOGJA - Purbalingga adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Purbalingga Kota. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat dan selatan.

Ternyata tak sedikit bukan keindahan wisata di Purbalingga yang layak untuk dijelahi? Diantara berbagai objek wisata di Purbalingga tersebut, mana yang jadi pilihan favoritmu?

Penasaran apa saja tempat wisata terbaik di Purbalingga? Simak berbagai destinasi tempat wisata di Purbalingga yang cocok untuk menjadi tujuan liburanmu selanjutnya!

 

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Purbalingga yang Istagramable

 

1. Curug Sumba

Curug Sumba - Wisata di Purbalingga

Lokasi: Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kemejing, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357

Objek wisata alam yang cukup terkenal di Purbalingga adalah Curug Sumba. Purbalingga memang dikenal sebagai kota seribu curug. Curug Sumba merupakan salah satu yang menawarkan suasana yang masih alami.

Walaupun air terjun yang mengalir dari tebing tidak terlalu deras, curug ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Pasalnya, ada kolam dengan air biru jernih di bawahnya yang bisa untuk berenang.

Pepohonan juga masih rimbun dan udara di sekitar tempat ini masih sejuk. Selain itu, lokasinya dari pusat kota juga dekat sehingga mudah dijangkau.

 

2. Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta - Wisata di Purbalingga

Lokasi: Dusun 1, Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53361

Situ Tirta Marta adalah tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di Purbalingga. Objek wisata ini sangat terkenal karena memiliki pemandangan indah serta telaga yang berair bening.

Karena kondisi bening dan bersih itu, kamu bisa melihat dasar telaga yang berisi bebatuan alam. Tak heran jika tempat ini merupakan lokasi yang sangat ideal untuk berenang atau snorkeling.

Uniknya, ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu jadikan tempat berfoto di Situ Tirta Marta. Kamu bisa berpose di bawah air seperti sedang melakukan aktivitas biasa, misalnya bersantai, mengendarai motor, dan sebagainya.

 

3. Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden - Wisata di Purbalingga

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357

Kutabawa Flower Garden adalah salah satu objek wisata di Purbalingga yang hits karena kecantikannya. Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet sehingga memiliki udara yang sejuk.

Di Kutabawa Flower Garden, kamu dapat menikmati hamparan bunga-bunga cantik yang ditata sedemikian rupa. Berbagai jenis bunga dengan warna-warna bervariasi bisa dijumpai di kawasan wisata ini.

Selain berburu foto yang instagramable, kamu juga bisa memanfaatkan wahana yang disediakan, salah satunya flying fox. Untuk anak-anak, ada area tempat bermain. Ada pula spot foto balon terbang dan miniatur pagoda.

 

4. Goa Lawa

Lokasi: Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357

Goa Lawa adalah objek wisata alam yang ada di Purbalingga. Goa ini unik karena memiliki 14 ruangan. Tidak seperti goa pada umumnya, tempat ini diterangi oleh lampu sehingga lebih mudah untuk dijelajahi.

Keunikan Goa Lawa lainnya adalah memiliki sumber air yang tidak pernah surut. Setelah keluar dari goa, kamu pun bisa bersantai di kafe yang masih berada di sekitar area wisata.

 

5. D’las Lembah Asri Serang

Lokasi: Jl. Raya Serang, Krajan, Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357.

D’las Lembah Asri Serang merupakan destinasi wisata yang direkomendasikan di Purbalingga. Destinasi wisata Purbalingga yang lagi hits ini berada tepat di lereng Gunung Slamet. Suasananya masih asri karena ditumbuhi oleh pepohonan hijau.

Bagi kamu yang ingin menyepi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan, berkunjung ke D’las Lembah Asri Serang adalah solusinya. Area seluas 15 hektar ini menawarkan banyak wahana hiburan.

Selain wahana hiburan, kamu pun bisa melakukan aktivitas memetik stroberi di Green House. Ada juga Dino Land, wahana yang membuat kamu lebih mengenal hewan purbakala.

 

6. Taman Wisata Pendidikan River World Purbasari Pancuran Mas

Lokasi: Jl. Karangturi Purbayasa, Purbayasa, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53372.

Objek wisata yang tak kalah menarik di Purbalingga adalah TWP River World Purbasari Pancuran Mas. Objek wisata Purbalingga Pancuran Mas ini dikenal dengan wisata malam yang disebut Night New Purbasari.

TWP River World adalah semacam akuarium besar. Para pengunjung bisa melihat berbagai jenis ikan air tawar, baik yang bisa ditemukan di Indonesia maupun di luar negeri. Disorot lampu warna-warni, tampilan akuarium semakin memesona.

Selain akuarium, ada pula kolam renang dan waterboom, taman bermain, kolam terapi ikan, dan bioskop 3D di kawasan wisata ini. Kamu juga bisa mengunjungi taman burung, taman unggas, dan taman buah naga.

 

7. Desa Wisata Panusupan

Lokasi: Dusun II, Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356.

Terakhir, kamu juga bisa mengunjungi Desa Wisata Panusupan yang terletak di Kecamatan Rembang. Dari kota Purbalingga, jarak menuju lokasi hanya sekitar 28 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Desa wisata ini memiliki pesona alam yang cantik dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan. Ada beberapa spot foto instagramable, misalnya Jembatan Cinta Pringwulung.

Selain itu, di kawasan ini ada spot yang unik yaitu Rumah Pohon Igir Wringin. Berada di ketinggian, kamu bisa menyaksikan keindahan kota Purbalingga sambil menikmati udara yang sejuk.

Sebagai objek wisata keluarga yang populer saat ini, Desa Wisata Panusupan wajib banget dikunjungi. Fasilitas yang lengkap membuat tempat ini pun semakin nyaman bagi wisatawan.

 

Ternyata tak sedikit bukan keindahan wisata di Purbalingga yang layak untuk dijelahi? Diantara berbagai objek wisata di Purbalingga tersebut, mana yang jadi pilihan favoritmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: traveloka.com