Rekomendasi 10 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Kamu Coba! no5 dan no9 Sulit di Jumpai

Rekomendasi 10 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Kamu Coba! no5 dan no9 Sulit di Jumpai

Rekomendasi 10 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Kamu Coba! no5 dan no9 Sulit di Jumpai--

DISWAY JOGJA - Solo atau Surakarta, dikenal sebagai kota yang kental akan budaya adat istiadat Jawa. Selain itu kota ini punya berbagai makanan khas yang sangat menggugah selera. Meski Solo dekat dengan Jogja terkadang beberapa orang masih belum mengetahui makanan khas Solo. Lalu apa saja makanan khas kota yang satu ini? Berikut rekomendasi makanan khas kota solo antara lain:

1. Bakso Solo

Berkunjung ke Solo sangat kurang rasanya jika belum mencicipi nikmatnya bakso satu ini. Bakso adalah makanan favorit yang hampir ada diseluruh wilayah Solo sehingga tidak heran jika Solo juga dikenal dengan nama kota bakso.

2. Serabi

Serabi merupakan kuliner yang mirip dengan pancake di mana dalam satu adonan terdiri dari beras, santan, gula, garam serta daun pandan yang digunakan sebagai pewangi. Serabi memiliki tekstur yang kental serta lembut dengan rasa yang legit. Serabi notosuman ini berbeda dengan serabi kebanyakan. Serabi dihidangkan dengan kuah manis serta memiliki bentuk tipis sehingga rasa santannya sangat pekat.

3. Nasi Liwet Solo

Nasi liwet merupakan sebuah hidangan makanan khas solo. Terdiri dari nasi gurih yang dipadukan bersama sayuran jipang, telur, daging ayam, santan kenal, opor serta beberapa bahan makanan lain. Nasi liwet disajikan dengan menggunakan daun pisang.

4. Sambal Goreng Labu Siam

Mengunjungi Kota Solo, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi nasi liwet yang di dalamnya disajikan pula sambal goreng labu siam. Keberadaannya bakal membuat lidah kita semakin asyik merasakan kuliner nasi liwet khas kota solo.

5. Tahu Acar

Bisa dibilang, makanan yang satu ini mulai susah ditemui. Bahan utamanya adalah tempe dan tahu. Tahu acar memiliki kuah yang asam dan cocok dimakan pada siang hari tahu acar juga menjadi makanan khas solo yang paling legendaris.

6. Bakmi Ketoprak

Memiliki nama yang unik, rekomendasi makanan khas Solo ini dibuat dengan bahan seperti daging, mie basah, bihun, dan sayuran lainnya. Menu ini cocok jadi alternatif kuliner ketika berkunjung ke Kota Solo.

7. Timlo Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: