Kamu Penikmat Kopi? Wajib Tahu Bahaya Mengkonsumsi Kopi Setiap Hari!

Kamu Penikmat Kopi? Wajib Tahu Bahaya Mengkonsumsi Kopi Setiap Hari!

Secangkir kopi aestethic--

DISWAY JOGJA ­- Siapa yang tak suka kopi? Sepertinya hampir semua kalangan menyukainya, baik itu yang muda maupun yang tua. Bahkan ada yang meminumnya rutin sebelum melakukan aktivitasnya setiap pagi.

Penelitian menyebutkan bahwa kopi mempunyai manfaat untuk kesehatan, termasuk alam membantu menurunkan berat badan. Meskipun begitu, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 400 mg kafein atau setara dengan 2 cangkir dalam sehari.

Selain nikmat rasanya, kopi juga mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat minum kopi:

1. Sumber antioksidan

Kopi memiliki senyawa antioksidan, seperti asam klorogenat, yang bisa memelihara sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Meningkatkan stamina

Kafein dalam kopi bisa meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah. Apalagi jika diminum pada jam-jam rawan mengantuk ketika bekerja. Karena, kopi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan waktu reaksi.

3. Memberikan energi positif pada suasana hati

Kandungan kafein kopi dapat merangsang pelepasan neurotransmiter seperti dopamin, serotonin, dan noradrenalin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi ringan. Jadi, kopi sangatlah cocok anda konsumsi ketika suasana hati sedang tidak baik-baik saja.

4. Dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh dapat meningkat karena efek kafein pada kopi yang berarti tubuh dapat lebih cepat membakar kalori. Hal ini dapat membantu anda menurunkan berat badan atau untuk  pemeliharaan berat badan yang sehat.

Meski mempunyai rasa yang enak serta dapat mengurangi kantuk, Anda tetap harus membatasinya. Minum kopi setiap hari tak selalu berbahaya, terutama jika masih dalam batas yang wajar. Namun, jika mengonsumsi secara berlebihan atau terlalu sering, bahaya telah mengintai anda. Cek bahaya minum kopi berlebihan!

1. Mengalami gangguan tidur (Insomnia)

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat menyebabkan masalah insomnia jika anda konsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur. Oleh sebab itu, anda akan menjadi sulit tidur dan terganggu kualitas tidurnya.

2. Meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung

Dilansir dari alodokter.com, dr. Kevin Adrian menyatakan Kafein pada kopi dapat menyebabkan efek samping berupa peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Saat anda mengkonsumsi kopi berlebihan, bisa membuat jantung berdetak lebih kencang tak teratur, bahkan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Terutama kopi yang tidak melewati proses penyaringan, dapat memicu penyakit jantung karena meningkatkan homocysteine (salah satu jenis asam amino pembentuk protein) yang berhubungan erat dengan terjadinya serangan jantung, peningkatan lemak dalam darah, dan kolesterol tinggi.

3. Menimbulkan gangguan pencernaan

Para penikmat kopi pasti sudah cukup umum bila terjadi gangguan pencernaan setelah mengkonsumsinya. Ketika Anda minum kopi berlebihan, lambung dan saluran cerna bisa teriritasi. Sehingga bisa menyebabkan beragam gangguan pencernaan, seperti diare, mulas, sakit perut, dan sindrom iritasi pada usus.

Tak hanya itu, kopi juga bisa membuat produksi asam lambung meningkat. Jika meminumnya terlalu banyak, kopi bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).

4. Meningkatkan risiko terkena osteoporosis

Jika anda minum kopi dalam jumlah yang tepat, bisa membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Namun sebaliknya, jika anda mengkonsumsi berlebihan, kopi bisa meningkatkan risiko terjadinya pengeroposan tulang akibat Osteoporosis.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat mengikis sedikit demi sedikit kalsium dalam tubuh. Padahal kalsium merupakan komponen utama pembentukan tulang.

5. Memicu rasa cemas

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat memicu aktivitas saraf dan otak. Inilah yang membuat kopi bisa menghalau rasa kantuk.

Meskipun begitu, kopi juga dapat menyebabkan perasaan cemas, gugup, serta gelisah. Bukannya mengatasi stres, minum kopi berlebihan justru bisa membuat seseorang berisiko mengalami gangguan cemas atau memperparah kondisi tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: