5 Makanan Khas Tegal yang Dijamin Bikin Ketagihan, Kamu Wajib Coba!

5 Makanan Khas Tegal yang Dijamin Bikin Ketagihan, Kamu Wajib Coba!

alun - alun kota tegal--

DISWAY JOGJA – Tegal merupakan salah satu kawasan di Jawa Tengah yang terdiri dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Ada berbagai macam kuliner khas Tegal mulai dari makanan ringan atau berat yang wajib dicoba.

Mendengar kata Tegal dan berbicara soal kuliner, tentu saja ada satu yang menarik dari kota ini, tentu saja Warung Tegal alias Warteg. Gaya warung makan dengan berbagai macam lauk pauk dan sayur ini bahkan terkenal hingga ke Ibukota Jakarta.

Nah, buat kamu yang penasaran soal apa saja sih makanan khas Tegal yang menarik untuk dicoba, berikut dirangkum diway jogja dari laman review Google dan media sosial.

5 Makanan Khas Tegal yang wajib dicoba:

1.       Tahu Aci

Tahu Aci merupakan makanan cemilan khas Tegal yang berbahan dasar, Tahu, Aci (tepung kanji) dan diberi irisan daun kucai. Tahu Aci sendiri telah menjadi cemilan spesial bagi masyarakat Tegal, selain mempunyai rasa yang enak, Tahu Aci juga memiliki tekstur yang unik dimana pada bagian luarnya terlihat Crspy sementara dibagian dalamnya lembut dan juga kenyal. Di tegal banyak sekali ditemukan pedagang tahu aci di sepanjang jalan menuju. Contohnya di lapangan tegal selatan disana ada beberapa pedagang yang menawarkan jajanan tersebut.

2.       Glotak

Selanjutnya adalah makanan kecil khas Tegal bernama Glotak. Glotak merupakan olahan gembus atau sejenis oncom yang dimasak dengan bumbu khasnya. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas karena disajikan dengan kaldu dan cabai. Agar lebih enak, disarankan menyantap Glotak ini dengan kerupuk atau gorengan. Disetiap desa di tegal terdapat pedagang glotak, biasanya dagangan ini ditawarkan dengan cara berkeliling desa menggunakan sepeda ataupun digendong layaknya pedagang jamu. Harganya pun sangat terjangkau mulai 2.000 an saja.

3.       Rujak Teplak

Kuliner selanjutnya adalah rujak teplak yang menawarkan aneka sayur, seperti kangkung, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, jantung pisang hingga timun rebus. Beraneka sayur tersebut disajikan dengan bumbu yang dibuat dari singkong yang direbus dan dihaluskan kemudian dicampur bumbu dan air yang tampilannya mirip seperti bumbu pecel. Bagi kamu yang ingin mencobanya bisa mengunjungi Rujak Teplak Toko Mitra Bu Kapsah yang berada di Jalan Letjen Suprapto.77-89, Mintaragen, Tegal Barat, Kota Tegal.

4.       Latopnya

Latopia/ latopnya, merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Tegal yang sering dijadikan sebagai buah tangan. Berbeda dengan bakpia, latopia lebih kering/ ngeprol dan bentuknya juga lebih besar. Dulu latopia hanya berisi kacang hijau, sekarang sudah banyak varian isinya seperti keju, coklat, buah, dll. Latopia bisa ditemukan di pusat kuliner/ oleh2 di Tegal, seperti di toko Sena Slawi, SPBU Muri, atau produsenya di sekitar Jl. Veteran Kota Tegal.

5.       Soto Tauco

Jika ingin menyantap makanan berkuah yang lezat saat berada di Tegal, kamu bisa mencoba Soto Tauco. Tauco sendiri merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan tepung terigu. Soto Tauco ini biasanya disajikan dengan lontong, tauge, dan potongan daging ayam. Buat kamu yang nggak sabar mencicipi lezatnya Soto Tauco bisa mengunjungi Soto Tauco H. Caup Gendut di Jalan KH Mansyur 8, Mangkukusuman, Tegal Timur, Kota Tegal.

 

Nah, Itu dia 5 Makanan Khas Tegal yang wajib anda coba, bila berkujung ke tegal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: detikjateng