Mahasiswa UGM Temukan Prasasti Bercat dari Abad ke-10 di Candi Induk Sewu

Mahasiswa UGM Temukan Prasasti Bercat dari Abad ke-10 di Candi Induk Sewu

Ilustrasi. Candi Sewu--

YOGYAKARTA, JOGJA.DISWAY.ID - Dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menemukan prasasti pendek bercat yang diperkirakan ada sejak abad ke-10 di dinding Candi Induk Sewu.

Awalnya dua mahasiswa tersebut melakukan pengumpulan data relief guna pembuatan skripsi pada 20 Agustus 2022, yang kemudian mendapati dua tulisan di dinding Candi Induk Sewu.

Pengelola Data Cagar Budaya dan Koleksi Museum Kebudayaan Wilayah X, Aprilia Widiasari mengatakan, temuan yang diduga prasasti itu ada di Candi Induk Sewu, penampil timur, dinding renung tengah sisi selatan. Dan ada juga di Candi Induk Sewu, penampil selatan, pilar pintu dalam sisi barat.

BACA JUGA:Larangan Lato-lato Dibawa ke Sekolah, Begini Sikap Disdikpora Yogyakarta

"Dari pengamatan singkat mahasiswa, tulisan tersebut dituliskan dengan menggunakan cat hitam dan teknik kuas," ujarnya, Jumat 13 Januari 2023.

Setelah ditelusuri lebih dalam, prasasti tersebut ternyata ditulis dengan aksara Jawa Kuno Standar dan berbahasa Jawa Kuna.

Sementara ini, temuan prasasti di Candi Induk Sewu, penampil timur, dinding renung tengah sisi selatan belum dapat diterjemahkan secara menyeluruh.

BACA JUGA:7,4 Juta Wisatawan Datangi Kota Yogyakarta pada 2022, Lampaui Target Lebih dari 3 Kali Lipat

Sedangkan, yang di Candi Induk Sewu, penampil selatan, pilar pintu dalam sisi barat sudah diterjemahkan, dan artinya adalah huruf 'A'.

"Penemuan tersebut kemudian, disampaikan ke pengelola Unit Candi Sewu untuk ditindaklanjuti dengan penelusuran lebih intensif," tuturnya.

Setelah penemuan ini, maka tercatat sudah ada 18 temuan prasasti pendek bercat baru yang tersebar disejumlah lokasi di Candi Sewu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: