Airlangga-Puan Bersatu, Akademisi Universitas Sahid: Anies dan Prabowo Mudah Terpental

Airlangga-Puan Bersatu, Akademisi Universitas Sahid: Anies dan Prabowo Mudah Terpental

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, di kawasan Monas, Jakarta/Net--

JAKARTA, DISWAYJOGJA.ID – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, pada Sabtu kemarin 8 Oktober 2022.

Pertemuan Airlangga dan Puan ternyata memunculkan berbagai spekulasi terkait kerja sama dua partai besar itu pada Pemilu 2024.

Bahkan, seandainya Airlangga dan Puan bersatu, maka akan menjadi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang mampu menyurutkan niat kandidat pas-pasan untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA:Banyak Kalangan Tak Suka Puan Maharani, Saiful Anam: Kelemahannya Ada pada Bayang-bayang Megawati

Menurut Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, pasangan Airlangga-Puan merupakan pasangan yang lebih realistis.

"Selain parpol pengusungnya jelas memenuhi ambang batas, juga akan mengancam dan menyurutkan kandidat pas-pasan untuk dapat bertarung dengan Airlangga-Puan," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin 10 Oktober 2022.

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini melihat kandidat lainnya akan mudah terpental kalau Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar dan Ketua DPP PDI Perjuangan itu resmi berkoalisi.

"Kandidat lainnya seperti Prabowo bahkan Anies yang belum jelas koalisinya akan berpikir beribu-ribu kali untuk melawan pasangan Airlangga-Puan," tegas Saiful.

BACA JUGA:Golkar Ajukan Airlangga Hartarto Sebagai Capres, KIB Belum Ada Keputusan Final

Lebih jauh, Saiful bahkan menilai tokoh seperti Prabowo Subianto yang tidak ingin mengulangi kekalahan untuk ketiga kalinya, sangat mungkin akan bergabung jika Airlangga-Puan berpasangan.

"Selain mematahkan kesempatan pasangan capres, juga akan menyurutkan kandidat pasangan calon untuk bertarung, mereka lebih cenderung bergabung dengan pasangan Airlangga-Puan," pungkas Saiful. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rmol.id