14 Acara Warnai HUT ke-266 Kota Yogyakarta, 1 Acara Puncak Sayang Dilewatkan Wisatawan

14 Acara Warnai HUT ke-266 Kota Yogyakarta, 1 Acara Puncak Sayang Dilewatkan Wisatawan

Berbagai event akan terselenggara saat HUT ke-266 Kota Yogyakarta. Foto: jpnn.--

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta telah mengadendakan sejumlah acara besar untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja.

Setidaknya akan ada 14 acara atau kegiatan di Kota Yogyakarta yang berlangsung sejak 1-9 Oktober 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan pihaknya berharap bisa menjaga jumlah kunjungan wisata di tengah mahalnya harga bahan bakar minyak (BBM).

BACA JUGA:Ratusan Rider Maxi Yamaha Day Larut dalam Kekeluargaan di Pantai Jungwok Gunungkidul

"Penyelenggaraan event adalah strategi kami untuk menarik wisatawan ke Kota Yogyakarta," kata dia.

Wahyu mengatakan dari 14 agenda event tersebut ada salah satu acara puncak yang sayang untuk dilewatkan, yakni pagelaran Wayang Jogja Night Carnival pada 7 Oktober mendatang.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam bentuk pawai di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tugu, dan Jalan Margo Utomo.

Wayang Jogja Night Carnival sempat terhenti karena pandemi Covid-19 dua tahun terakhir. Acara itu sudah dua kali masuk dalam Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN).

BACA JUGA:Kecelakaan di Kulon Progo, Warga Purworejo Tewas, Innalillahi!

“Pada awal Oktober ini akan ada banyak event yang bisa diikuti oleh seluruh kelompok masyarakat maupun wisatawan. Ada olahraga, pertunjukan seni dan budaya, pameran produk UMKM, hingga event yang akan memanjakan pencinta kopi. Semua kami siapkan,” katanya.

Pemkot Yogyakarta telah menggandeng berbagai organisasi untuk menyukseskan HUT ke-266 Kota Jogja, seperti Asosisiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Menjelang puncak peringatan, kami juga mengundang sejumlah YouTuber dari Indonesia dan mancanegara seperti dari Singapura dan Malaysia untuk ikut mempromosikan rangkaian perayaan HUT Kota Yogyakarta. Mereka pun kami ajak berkeliling Yogyakarta,” katanya.

BACA JUGA:Nikah Bareng di Malioboro Yogyakarta, Pengantin Lansia 83 Tahun Ini Mencuri Perhatian

Dengan berbagai kegiatan tersebut, Wahyu pun mematok target kunjungan wisata sebanyak 500.000 hingga satu juta wisatawan pada Oktober.

Sampai akhir Agustus, jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta tercatat sebanyak 4,5 juta orang atau dua kali lebih banyak dibandingkan target dua juta wisatawan sepanjang 2022.

“Lama tinggal wisatawan juga melebihi target yaitu 1,8 hari dengan rata-rata belanja Rp1,8 juta per wisatawan,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn