Gelombang Laut Tinggi, Wisatawan di Pantai Gunungkidul Kerap Tak Patuhi Imbauan Petugas

Gelombang Laut Tinggi, Wisatawan di Pantai Gunungkidul Kerap Tak Patuhi Imbauan Petugas

SAR Gunungkidul menyebut masih banyak turis yang tak mematuhi imbauan petugas untuk tak bermain air saat gelombang laut pasang. --

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID – Sudah ada imbauan agar masyarakat mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jawa, termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peringatan dini tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang berpotensi mencapai kisaran 4 meter hingga 6 meter yang masuk kategori sangat tinggi.

Keadaan itu disebut terjadi karena angin di wilayah selatan Indonesia khususnya laut selatan dominan bergerak dari arah timur-tenggara dengan kecepatan berkisar 5-20 knot.

BACA JUGA:Dubes Norwegia Dibuat Kagum dengan Tempat Eksotik di Jogja yang Masih Terjaga Kelestariannya

Search and Rescue (SAR) Kabupaten Gunungkidul menyebut masih banyak turis yang tak mematuhi imbauan petugas untuk tak bermain air saat gelombang laut pasang.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan setiap kali gelombang pasang, petugas sudah memberikan peringatan kepada turis.

“Sudah diingatkan, tapi tidak pernah didengar,” katanya dikutip dari Antara, Selasa 27 September 2022.

Surisdiyanto menyebut imbauan dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memasang rambu peringatan di sejumlah objek wisata pantai yang berbahaya.

BACA JUGA:Mantap! Bandara YIA Bakal Layani Penerbangan Rute Yogyakarta ke Singapura

Kemudian juga patroli keliling yang dilakukan petugas maupun menyampaikannya melalui imbauan.

Dia mengungkapkan imbauan kepada turis ini juga sudah melalui informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) maupun situs cuaca terkait ketinggian gelombang laut.

Menurut Surisdiyanto, hal yang perlu diwaspadai para turis tak hanya gelombang tinggi saja.

Namun juga adanya rip current atau arus balik yang terkonsentrasi pada jalur sempit.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menambahkan imbauan dari petugas masih sering diabaikan wisatawan.

“Seluruh personel kami siagakan terutama saat akhir pekan,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: genpi.co