Bupati Tegal Ingatkan Ini: Ada Kesenjangan Pendidikan di Kota dan Desa

Bupati Tegal Ingatkan Ini: Ada Kesenjangan Pendidikan di Kota dan Desa

Bupati Tegal Umi Azizah saat sambutan dalam acara workshop pendidikan yang dihadiri para guru SD, di Tegal, baru-baru ini. (Foto: Yeri Novel) -Radar Tegal -Radar Tegal

SLAWI (Disway Jogja) - Fasilitas dan layanan pendidikan masyarakat di perkotaan dan perdesaan mengalami kesenjangang. Karena itu, peningkatan kualitas sarana prasarana sekolah dan kompetensi guru di perdesaan harus dikedepankan.

 

Demikian disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah, dalam acara workshop pendidikan yang dihadiri para guru SD, di Tegal, baru-baru ini.

 

Menurut Umi, kesenjangan layanan pendidikan di perkotaan dan perdesaan di satu sisi telah menciptakan kesenjangan prestasi.

 

Hal ini terlihat dari torehan prestasi di ajang olimpiade fisika, matematika dan biologi yang hampir seluruhnya didominasi pelajar dari kota-kota besar.

 

Terutama dari sekolah-sekolah swasta modern yang biaya pendidikannya hanya bisa dijangkau oleh masyarakat menengah atas.

 

Meski demikian, Umi meminta agar seluruh stakeholders tetap optimis dan fokus bekerja meminimalkan jurang kesenjangan pendidikan tersebut.

 

Terlebih di era kemajuan teknologi informasi yang nyata-nyata telah banyak mendisrupsi pola pembelajaran konvensional ke sistem digital.

 

“Kiranya ini yang jadi pekerjaan rumah besar kita tentang bagaimana menekan agar kesenjangan layanan pendidikan tidak semakin melebar dan secepatnya kita bisa mengungkit daya saing sumber daya manusia melalui jalur pendidikan yang pararel dengan kemampuan beradaptasi pada penggunaan teknologi digital yang saya rasa tidak mudah, juga tidak murah,” kata Umi.

 

Input teknologi internet dalam dunia pendidikan harus diimbangi dengan penguatan literasinya yang cepat dan tepat, terutama bagi guru yang menjadi tantangan tersendiri. (yer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rada slawi