TPST Milik Sleman Berkapasitas 15 Ton, Suplai Sampah 700 Ton Per Hari

TPST Milik Sleman Berkapasitas 15 Ton, Suplai Sampah 700 Ton Per Hari

SLEMAN (Disway Jogja) - Tahun ini Pemkab Sleman akan memulai pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST), sebagai bagian dari upaya mengurai persoalan sampah.

Tahap awal, Pemkab akan membangun TPST di wilayah Timur yakni di Tamanmartani Kalasan. Untuk membiayai program ini, Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp38 miliar.

Sayangnya, proyek ini besar kemungkinan belum akan mampu mengurai persoalan sampah di Sleman.

Berdasarkan data sari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, suplai sampah perhari mencapai 700 ton. Sementara kapasitas TPST Tamanmartani ini hanya 15 ton perhari.

Lurah Tamanmartani Gandang Hardjanata mengatakan, TPST yang akan dibangun di Tamanmartani berkapasitas 15 ton perhari. Rencananya, TPST tersebut akan menampung sampah sedikitnya dari tiga kapanewon meliputi Kalasan, Berbah dan Prambanan atau Ngemplak. 

Pembangunan TPST akan memanfaatkan lahan kas desa seluas 1,3 hektar. TPST ini akan dikelola oleh kabupaten.

"Itu awalnya. Tapi kalau nanti SDM kami sudah bagus bukan tidak mungkin nanti bisa dikelola oleh BUMDes," katanya.

Dia menyebut TPST nantinya berkonsep pemilahan. Ada sekitar 40 orang yang nanti berkerja untuk memilah sampah. Hasil pemilahan dijadikan pupuk atau bahan daur ulang.

"Pupuk yang dihasilkan nanti bisa digunakan untuk lahan pertanian. Kalau pun nanti dijual akan dikelola oleh BUMDes. Saya tidak mau di sini cuma jadi penonton tapi juga ikut mengelola TPST," katanya.

Gandang menjelaskan, sosialisasi kepada warga terdampak pembangunan TPST tersebut sudah selesai. Warga juga sudah menyetujui pembangunan TPST tersebut.

Pengelolaan TPST tersebut, akan menerapkan teknologi dari Jerman. Meski dinilai mahal, namun penggunaan teknologi dari Jerman untuk TPST tersebut dinilai ramah lingkungan. 

"Sampah yang tidak bisa didaur ulang dibakar dalam tungku namun asapnya tidak menimbulkan polusi. Sanitasinya nanti juga dibuat sebaik mungkin untuk tidak mencemari lingkungan," katanya.

Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya mengatakan, pembangunan TPST di Tamanmartani Kalasan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan dilaksanakan tahun ini.

Pembangunan TPST ini mendesak untuk mengatasi persoalan sampah. Dana yang dialokasikan untuk pembangunan TPST tersebut berasal dari APBD Sleman, namun dilaksanakan secara bertahap setelah penetapan APBD Perubahan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: