Satu Truk Tertimbun Banjir Lahar Hujan di Sungai Gendol, Sopir Berhasil Selamat

Satu Truk Tertimbun Banjir Lahar Hujan di Sungai Gendol, Sopir Berhasil Selamat

SLEMAN (Disway Jogja) - Satu unit mobil truk terjebak material banjir lahar hujan di aliran Sungai Gendol, saat hujan mengguyur puncak Gunung Merapi, pada Selasa (19/4/2022). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan membenarkan kejadian tersebut. Menurut Makwan, satu truk yang terjebak lahar hujan di Sungai Gendol, adalah kendaraan dari luar daerah. Truk terjebak banjir cukup dalam, hingga hampir semua badan truk tertutup. Untuk proses evakuasi terpaksa harus menggunakan dua alat berat.

Informasi yang diperoleh, pukul 11.23 WIB dilaporkan terjadi aliran lahar hujan di Sungai  Gendol. Akibatnya, satu truk tertimbun material banjir lahar hujan di Srunen Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman.

Kapolsek Cangkringan AKP Nidia Ratih mengatakan, truk pengangkut pasir yang diterjang banjir lahar hujan itu berjenis Mitsibushi HDX dengan Nopol K 1462 TP. Pengemudinya Nyamin (36) warga Dolog Rejosari, Kradenan, Grobogan Jateng, berhasil menyelamatkan diri.  

Saat kejadian, truk tengah dalam proses muat pasir secara manual. Awalnya pengemudi truk sudah diperingatkan untuk putar balik tetapi keburu aliran banjir lahar hujan datang dan akhirnya terjebak.

Hingga sore, petugas TRC BPBD Sleman dan relawan sedang berupaya mengevakuasi truk yang terjebak banjir hingga setinggi bak kendaraan. (wrj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: