Lounching Program Wirausaha Pemuda Chapter 4, Peluang Temukan Bos Muda Inovatif

Lounching Program Wirausaha Pemuda Chapter 4, Peluang Temukan Bos Muda Inovatif

SLAWI (Disway Jateng) - Keseriusan Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) untuk menggali potensi anak muda dalam berwirausaha kembali dilakukan. Kali ini melalui salah satu program unggulannya, yakni Wirausaha Pemuda yang sudah menginjak chapter 4, secara resmi dilaunching Bupati Tegal Umi Azizah di Gedung Dadali, kemarin.

Setidaknya  program yang sudah berlangsung sejak 2019 lalu itu, merupakan ajang untuk menemukan pemuda di Kabupaten Tegal yang memiliki potensi berwirausaha, dan kemudian bisa memunculkan bos-bos muda dengan karya yang inovatif. Kepala Dinas Porapar Saidno menargetkan di chapter 4 tahun ini sekitar 500 pendaftar yang akan diseleksi menjadi beberapa tahapan. "Ditahap awal dari 500 pendaftar disaring menjadi 100 besar terbaik, kemudian kembali disaring menjadi top 28 terbaik yang nantinya akan mendapat modal usaha," ujarnya.

Dia menyatakan adanya program ini sekaligus bertujuan untuk mengurangi pengangguran, memulihkan ekonomi, dan meningkatkan produktivitas.Selain membuka secara resmi, pada kesempatan ini juga dilakukan launching logo baru dari program wirausaha pemuda Kabupaten Tegal.

"Kami juga terus berbenah untuk menyempurnakan proses seleksi wirausaha pemuda ini. Di antaranya proses sosialisasi jika sebelumnya dua bulan sekarang ini diperpanjang jadi tiga bulan, lalu jika sebelumnya peserta mendaftar sudah langsung melampirkan ide usaha, mulai tahun ini bisa hanya mendaftar dulu kemudian setelah mendapat pelatihan secara webinar baru melampirkan ide," cetusnya.

Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar, Bintang Surya Wicaksono mengatakan, bahwa dalam proses seleksi tahun 2022 ini juga ada perubahan.

"Adanya perubahan tersebut, berdasar dari saran atau masukan para alumni wirausaha pemuda tahun-tahun sebelumnya. Sehingga untuk bagian seleksi 50 besar sudah dihapus atau tidak digunakan lagi. Tujuannya agar merata 100 orang wirausaha pemuda pemula mendapat pelatihan atau materi yang sama dari seleksi awal hingga akhir," ungkapnya.

Untuk pendaftaran wirausaha pemuda ini sudah dibuka sejak 1 Maret - 31 Mei 2022 mendatang. Sedangkan sesuai data yang masuk  hingga saat ini,  sudah adasebanyak 331 orang.

Dan dari  jumlah 331 pendaftar tersebut, 91 orang diantaranya sudah melampirkan ide usaha, sedangkan sisanya baru mendaftarkan diri saja.

Bupati Tegal Umi Azizah menyatakan bahwa  ajang kompetisi wirausaha pemuda diharapkan menjadi trigger, sekaligus menampung minat pemuda dalam berwirausaha yang secara statistik di Indonesia tergolong tinggi mencapai 35 persen, berdasarkan survei World Economic Forum di tahun 2019.

Umi berharap penumbuhan wirausaha melalui skema program WP ini, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mematangkan ekosistem wirausaha, menyediakan edukasi, dan mendampingi pengembangan bisnisnya. Sebab kultur wirausaha mesti dibentuk dan perlu proses jangka panjang, bukan seketika jadi.

Umi pun memandang, penumbuhan wirausaha di kalangan pemuda sekaligus bagian dari upaya bersama untuk bangkit dan tumbuh, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional.

" Ayo  kita gaungkan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda. Sedangkan kepada para pemuda Kabupaten Tegal, ayo, persiapkan diri kalian. Ambil tantangan ini dan uji gagasan bisnis kalian. Saya yakin, generasi muda Kabupaten Tegal adalah genarasi yang cepat beradaptasi, inovatif, kolaboratif, serta selalu bersemangat membuat gebrakan baru," tegas Umi.

Penulis : Hermas Purwadi

Editor  : Sekhun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Lounching Program Wirausaha Pemuda Chapter 4, Peluang Temukan Bos Muda Inovatif

Terkini

Terpopuler

Pilihan