Hingga H+3, Puskesmas dan RSUD di Sleman Buka Layanan 24 Jam

Hingga H+3, Puskesmas dan RSUD di Sleman Buka Layanan 24 Jam

SLEMAN (Disway Jogja) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama mengatakan, selama musim libur Idul Fitri 1443 Hijriah, pelayanan kesehatan tetap disiagakan. Selain RSUD Sleman, pelayanan kesehatan juga diberikan oleh seluruh puskesmas yang ada.

"Semua siap memberikan layanan kesehatan 24 jam setiap harinya, kecuali untuk puskesmas rawat jalan. Jadi RSUD Sleman dan Puskesmas Rawat Inap, semua buka 24 jam," kata Cahya Purnama, Jumat (29/4/2022).

Ia mengatakan, dengan pelayanan ini, pihaknya yakin mampu memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Baik warga setempat ataupun pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan di Sleman.

"Jadi jangan khawatir. Kami siap memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal teemasuk saat libur lebaran H-3 hingga H+3," kata Cahya.

Untuk Puskesmas rawat jalan, kata Cahya, hanya beroperasi hingga pukul 19.00 WIB, setelah itu on call. Kalau untuk Puskesmas Rawat Inap dan RSUD beroperasi selama 24 jam.

Cahya mengatakan, selama libur lebaran masing-masing Puskesmas diminta untuk bertanggungjawab menangani masalah kesehatan yang muncul. Baik untuk menangani Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) maupun Pertolongan Pertama pada Penyakit (P3P). 

Sebab, lanjut Cahya, dalam kondisi saat ini yang dihadapi Puskesmas tidak hanya masalah Covid-19, tetapi kasus-kasus kecelakaan dan juga keracunan.

"Kami juga menyediakan Layanan kedaruratan atau Sleman Emegency Services (SES) juga dilengkapi call center yang beroperasi 24 jam. Di luar lebaran, SES kami sebenarnya juga siap," katanya.

Cahya mengingatkan agar selama masa mudik dan balik masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab pergerakan manusia berpotensi membawa inang dan menulari manusia lainnya. Dia khawatir setelah lebaran terjadi peningkatan kasus Covid-19.

"Ini masih pandemi, meskipun sudah banyak pelonggaran tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Minimal pakai masker," katanya. (wrj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: