Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Bentuk Pusat-pusat Kegiatan Ekonomi Baru

Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Bentuk Pusat-pusat Kegiatan Ekonomi Baru

JAKARTA (Disway Jogja) – Pemerintah membangun kawasan ekonomi strategis yang bertujuan untuk mendorong daya saing sektor industri dengan memberikan insentif untuk kawasan industri atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
Upaya tersebut dilakukan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.
Selain itu, juga untuk mendukung pembangunan infrastruktur di sekitarnya, dengan mengikuti kerangka berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Bahkan pemerintah juga mendorong terwujudnya Eco-Industrial Park (EIP) secara bertahap bagi seluruh industri di Indonesia.
Penerapan EIP ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ekonomi bagi industri melalui minimalisasi dampak lingkungan serta mengubah paradigma ekonomi linier menjadi ekonomi sirkular.
Dengan penerapan desain, perencanaan, implementasi infrastruktur yang berkelanjutan, serta penerapan konsep produksi yang bersih, pencegahan polusi, efisiensi energi, dan kolaborasi bisnis.
“Dalam strategi mendorong pemulihan ekonomi nasional, Pemerintah Indonesia juga meningkatkan investasi di tingkat daerah dan mendorong perluasan industri melalui pembentukan pusat-pusat kegiatan ekonomi baru di tingkat daerah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Airlangga juga menyampaikan, momentum Presidensi G20 Indonesia juga memberikan sinyal positif bagi dunia industri.
Itu menjadi momentum bagi para pelaku usaha, khususnya korporasi industri dan kawasan industri untuk berpartisipasi dalam memfasilitasi business matching sehingga akan mendorong ekosistem yang lebih kompetitif di pasar regional.
Pemerintah juga turut mendukung pencapaian tersebut dengan berperan aktif dalam menarik minat investor guna meningkatkan nilai tambah industri dengan pemberian kemudahan izin bagi investor.
“Dengan berbagai peluang dan dukungan tersebut, sektor industri diharapkan mampu memanfaatkannya dengan baik dan berkembang pesat kedepannya,” tandas Airlanga. (pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: