Ada 59 Pantai di Gunungkidul, Wisatawan di Jogja Tinggal Pilih

Ada 59 Pantai di Gunungkidul, Wisatawan di Jogja Tinggal Pilih

GUNUNGKIDUL (Disway Jogja)- Pantai selatan menjadi salah satu objek wisata favorit bagi wisatawan yang berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di Kabupaten Gunungkidul saja, terdapat 59 obyek wisata pantai dengan panjangnya sekitar 72 kilometer yang bisa dipilih oleh pelancong untuk menghabiskan waktu.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, wisata pantai Gunungkidul menjadi unggulan karena 80 persen dari total kunjungan pasti ke pantai. Selain itu, menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Gunungkidul.

“Untuk itu, Pemerintah Pusat, Pemda DIY, dan Pemkab Gunungkidul sedang membangun infrastruktur utama, yakni jalan,” ujarnya.

Sepanjang wilayah selatan di Gunungkidul sedang dibangun Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) yang diharapkan mampu mendongkrak pariwisata dan ekonomi masyarakat di kawasan pantai di Gunungkidul.

Selain itu, berbagai infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Pemda DIY dan Pemkab Gunungkidul juga terus dikebut mengimbangi pembangunan JJLS.

Harapannya, infrastruktur yang dikerjakan pusat hingga kabupaten selesai bersamaan sehingga masyarakat benar-benar bisa merasakan dampaknya.

"Kami menyadari infrastruktur adalah kunci utama membuka perekonomian masyarakat dan membuka sektor pariwisata. Beberapa tahun terakhir, kami membangun infrastruktur dengan cepat," kata Bupati Sunaryanta.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan selama libur Lebaran ini, pihaknya memproyeksikan jumlah kunjungan wisatawan setiap harinya antara 25 ribu sampai 30 ribu orang.

Selama libur Lebaran, Dispar Gunungkidul memproyeksikan jumlah kunjungan sebanyak 154.403 wisatawan.

Berdasarkan target kunjungan ini, diharapkan mampu menambah pendapatan dari retribusi wisata sebanyak Rp1,2 miliar.

Proyeksi tersebut belum termasuk jumlah kunjungan wisatawan di 38 desa wisata yang tersebar di 18 kecamatan di Gunungkidul. Kunjungan wisatawan akan menggerakan ekonomi masyarakat. "Ini proyeksi. Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan target yang dicanangkan bisa tercapai, atau syukur bisa melebihi,” kata Arif. (antara/mar3/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: