Naik 16 Persen Selama 2024, KAI Daop 6 Yogyakarta Layani 13 Juta Penumpang KA

Jumat 10-01-2025,07:45 WIB
Reporter : Anam AK
Editor : Syamsul Falaq

YOGYAKARTA, diswayjogja.id - Selama periode tahun 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta melayani sebanyak 13.552.361 penumpang, naik sebanyak 16 persen jika dibanding periode tahun 2023 sebanyak 11.721.404 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro menyebutkan, jumlah keberangkatan penumpang pada periode Tahun 2024 di wilayah Daop 6 Yogyakarta adalah sebanyak 6.784.197 penumpang. Sedangkan untuk kedatangan penumpang ada sebanyak 6.768.164 penumpang.

“Puncak kepadatan penumpang tertinggi terjadi di bulan Desember 2024 karena adanya momen libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025. Pada bulan Desember tersebut terdapat sebanyak 693.441 keberangkatan penumpang dan sebanyak 694.150 kedatangan penumpang di stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta," ungkap Krisbiyantoro, di Yogyakarta, Kamis (9/1/2025).

Sedangkan tingkat kepadatan penumpang tertinggi selanjutnya terjadi di bulan Juli 2024 sebanyak 1.295.437 penumpang, bertepatan dengan momen libur panjang sekolah, dimana terdapat 657.661 keberangkatan penumpang, dan sebanyak 637.776 kedatangan penumpang.

BACA JUGA : Penumpang di Daop 6 Yogyakarta Naik 5 Persen, KA Sancaka Yogyakarta-Surabaya Terlaris saat Libur Nataru

BACA JUGA : 494 Ribuan Penumpang Nataru di Yogyakarta, KA Sritanjung Terfavorit 767 Penumpang Harian

Untuk stasiun dengan keberangkatan penumpang tertinggi di wilayah Daop 6 Yogyakarta pada periode tahun 2024 diantaranya Stasiun Yogyakarta sebanyak 2.958.380 penumpang, Stasiun Lempuyangan sebanyak 1.530.851 penumpang, dan Stasiun Solobalapan sebanyak 1.194.665 penumpang.

Sedangkan stasiun dengan kedatangan penumpang tertinggi di wilayah Daop 6 Yogyakarta pada periode tahun 2024 diantaranya Stasiun Yogyakarta sebanyak 2.905.355 penumpang, Stasiun Lempuyangan sebanyak 1.515.197 penumpang, dan Stasiun Solobalapan sebanyak 1.294.852 penumpang.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap moda transportasi kereta api. Hal ini memotivasi kami untuk terus menghadirkan layanan yang lebih baik, nyaman, tepat waktu, dan tentunya selamat di taun 2025 ini untuk seluruh pengguna jasa," katanya.

Adapun peningkatan layanan yang telah KAI Daop 6 Yogyakarta lakukan selama tahun 2024 diantaranya pengoperasian Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Yogyakarta, Solobalapan, dan Lempuyangan. 

BACA JUGA : Awal Tahun 2025 Penumpang KA Masih Tinggi, Stasiun Yogyakarta Beri Fasilitas Pembersih Sepatu Elektrik

BACA JUGA :  'Senja Teduh Kereta', Maliq & D'Essentials Hibur Penumpang KA di Stasiun Yogyakarta

Kemudian juga beautifikasi dan penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta, serta peningkatan kelas kereta ekonomi new generation pada beberapa KA.

Selain itu, KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah melakukan upaya peningkatan kualitas prasarana berupa penggantian rel sepanjang 5.000 meter, penggantian 20 unit wesel di beberapa stasiun, penggantian 3.424 bantalan kayu menjadi bantalan beton, dan 2.601 bantalan kayu menjadi bantalan sintetis, untuk mendukung peningkatan keandalan prasaranan dan kecepatan KA sehingga waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

“KAI akan terus meningkatkan fasilitas untuk penumpang baik di sarana kereta api maupun pada prasarana baik di stasiun maupun jalur kereta api, sehingga layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian,” ujarnya.

Penumpang di Daop 6 Yogyakarta Naik 5 Persen Saat Libur Nataru 2024/2025

Kategori :