“Dulu ruang anak di lantai dua, sekarang di lantai satu. Semakin bagus dan semakin luas,” ujarnya.
Jumlah Pengunjung yang Tinggi
Pemkot Yogyakarta memperluas gedung fasilitas Perpustakaan Kota Yogyakarta karena jumlah pengunjungnya tinggi.
BACA JUGA : Tertinggi Sepanjang Tahun, Inflasi DIY Pada Desember 2024 Sebesar 0,46 Persen
BACA JUGA : Kunjungan Wisatawan di DIY Sepanjang 2024 Mencapai 34,2 Juta Orang, Tertinggi dalam 6 Tahun Terakhir
Afi menyebut sebelum gedung baru dengan tiga lantai, rata-rata jumlah pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru sekitar 400 pemustaka setiap hari.
“Tingkat kunjungan di Perpustakaan di Kotabaru ini memang sangat tinggi. Dulu tempatnya kecil banget. Dengan perluasan ini harapan kami bisa melayani lebih banyak masyarakat. Jadi pemustaka yang datang ke sini saat (kondisinya) penuh (tidak) pulang karena kita semakin banyak tempat untuk pemustaka,” terang Afi.
Mengisi Waktu Libur Sekolah
Salah satu pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta adalah Adriana Juan Fadila siswi kelas 2 SD warga Suryodiningratan yang datang bersama ibu dan kakaknya.
Dia datang ke perpustakaan untuk mengisi waktu karena masih libur sekolah. Ia merasa senang dibuka kembali layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta dengan gedung baru yang lebih luas.
“Senang karena (sudah) kangen. Bagus dan lebih luas,” imbuh Ana yang suka membaca buku bergambar itu.
Hal senada disampaikan pengunjung lainnya yakni Talita Vania Sasikirana. Mahasiswi UGM itu merasa senang dan lebih nyaman dengan gedung baru Perpustakaan Kota Yogyakarta dibandingkan sebelumnya.
“Pertama pasti lebih senang soalnya udah lama banget gak ke sini. Yang jelas gedungnya jadi lebih nyaman, lebih bagus. Buat nugas dan baca-baca lebih enak,” ucap Talita.
Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Pada tahun ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja juga menyiapkan beberapa inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, masing-masing empat inovasi layanan di bidang perpustakaan dan empat layanan bidang kearsipan.
BACA JUGA : Awal Tahun 2025 Penumpang KA Masih Tinggi, Stasiun Yogyakarta Beri Fasilitas Pembersih Sepatu Elektrik
BACA JUGA : 1.041 Pedagang Malioboro Tuntut Pemda DIY Libatkan Mereka Soal Proses Relokasi Lapak
"Inovasi layanannya tidak harus inovasi yang muluk-muluk tetapi sederhana saja namun bisa mendukung peningkatan layanan ke masyarakat atau mempercepat masyarakat mengakses layanan," katanya.