Kukuhkan Dua Guru Besar, UAD Yogyakarta Harapkan Pendidikan Era Abad 21 Semakin Berkembang

Jumat 25-10-2024,09:54 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Universitas Ahmad Dahlan atau yang lebih dikenal dengan UAD kembali mengukuhkan dua guru besarnya pada Rabu (23/10/2024). 

Kedua guru besar tersebut adalah Prof Trikinasih Handayani, guru besar di bidang Ilmu Pendidikan serta Prof Solikhah yang dikukuhkan menjadi guru besar bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat Sub Bidang Ilmu Epidemiologi dan Biostatistik.

Trikinasih yang juga Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD ikut menyampaikan pidato ilmiahnya terkait pendidikan di abad ke-21 yang menekankan pentingnya kemampuan high order thinking skill (HOTS).

“Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2024, penting sekali membekali sumber daya manusia Indonesia dengan keterampilan life and career skills, learning and innovation skills dan Information, media, and technology skills,” jelasnya.

BACA JUGA : Sajikan Cita Rasa Lezat Khas Daerah, Intip Daftar Warung Makan di Jogja Berikut

BACA JUGA : Hadirkan Guest Star Papan Atas, Event Musik Milikamu Fest 2024 Jogja Digelar Akhir Oktober Mendatang

Pilar Penting Masa Depan Bangsa

Menurutnya, salah satu pilar penting untuk membentuk masa depan suatu bangsa adalah pendidikan. 

Pendidikan era abad ke-21 dihadapkan berbagai tantangan yang beragam dan kompleks.

1. Merubah Tatanan Pendidikan

Perkembangan globalisasi telah merubah tatanan pendidikan secara signifikan. Penting bagi dunia pendidikan mempersiapkan generasi masa depan agar dapat menghadapi tantangan.

Disebutkan, tantangan utama pendidikan era abad ke-21 salah satunya perlu adaptasi terhadap kemajuan teknologi. Perkembangan tersebut telah mengubah cara belajar, berinteraksi dan bekerja.

Teknologi tersebut harus mampu dimanfaatkan untuk memperkaya pengalaman belajar, keterampilan digital, dan membantu peserta didik menjadi warga digital yang bertanggung jawab.

BACA JUGA : Taman Sari Jogja Tidak Hanya Destinasi Wisata, Pesanggarahan Keraton Punya Banyak Fungsi

BACA JUGA : Aktivis hingga Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Setelah Jokowi Lengser, Ini Rincian Tuntutannya

"Selain teknologi, hal lain yang menjadi tantangan di era saat ini adalah globalisasi. Perkembangan era globalisasi mengakibatkan dunia semakin tidak ada batas sehingga peserta didik perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya, keragaman dan kerja sama internasional," ungkapnya.

Kategori :