Upacara Sedekah Laut Sebagai Wujud Syukur : Tradisi Para Nelayan Pantai Gesing Jogja

Jumat 18-10-2024,14:20 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Pada 15 Oktober 2024 Pantai Gesing kembali ramai dengan doa yang lantunan gamelan. Di mana, masyarakat setempat mengadakan upacara sedekah laut untuk rasa syukur dan limpahan rezeki.

Menjadi warisan tradisi yang terus berjalan dan merupakan ritual mendalam. Dari upacara sedekah laut para nelayan gak hanya mengucap syukur, tapi minta keberkahan dan keselamatan saat berlayar.

Ditemani dengan gemuruh ombak yang ada, setelah doa selesai sesaji akan diarak menuju tengah laut. Suasana upacara sedekah laut cukup haru dengan segala panjatan doa dari masyarakat sekitar.

Era modern sekarang, membuktikan jika nilai leluhur masih kental dengan budaya yang ada. Baik gotong royongnya, budaya, sampai tradisi upacara sedekah laut. 

Mengadakan doa bersama sebelum upacara sedekah lalut di pantai Gesing Jogja berlangsung-desagirikarto.gunungkidulkab.go.id-

BACA JUGA : Pemkot Yogyakarta Siapkan 100 Personel Satpol PP dan Aparat Gabungan Tertibkan APK Jelang Pilkada 2024

BACA JUGA : 14 Jenis Pelanggaran Yang Jadi Target Operasi Zebra Progo 2024

Tradisi upacara sedekah laut yang masih aktif

Asap kemenyan yang ada serta panjatan doa yang khidmat masih terjadi di era sekarang. Masyarakat sekitar Pantai Gesing Jogja, terutama para nelayan melakukan upacara sedekah laut.

Upacara sedekah laut selalu ada setiap tahun sebagai wujud syukur dan pengharapan. Menyatukan manusia, alam, dengan sang pencipta lebih lekat dan kehidupan damai yang didambakan.

Tradisi upacara sedekah laut tetap di pertahankan dan dilestarikan masyarakat sekitar. Berada di daerah Gunungkidu jogja, Pantai Gesing menjadi titik tradisi ucap rasa syukur dan pengharapan berlangsung.

Seperti yang terlihat pada hari Selasa, 15 Oktober 2024 upacara sedekah laut berlangsung. Di mana pelaksanaan upacara sedekah laut sudah berjalan lama. 


Menabur bunga di laut lepas dalam sedekah laut di pantai Gesing Jogja-desagirikarto.gunungkidulkab.go.id-

Sumardiyono sekalu Lurah Girikarto memaparkan jika upacara sedekah laut menjadi tradisi yang terus berjalan. Mulai dari Pantai Gesing Jogja yang dijadikan tempat untuk penangkapan ikan.

Upacara sedekah laut tahun 2024

Papar Sumardiyono, pada tahun 2024 ada 8 gunungan pada upacara sedekah laut. Di mana ke delapan gunungan itu akan melalui tahapan atau ritual sebum akhirnya dilarung ke tengah laut.

Kategori :