Tingkatkan Pemberantasan Pungli, Kemenkumham DIY Turun Tangan

Kamis 17-10-2024,15:16 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Dalam upaya menciptakan lingkungan pelayanan publik yang bersih dan bebas dari praktik pungutan liar (pungli). Kemenkumham DIY mengambil langkah nyata untuk tingkatkan pemberantasan pungli.

Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan aman, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY turun tangan. Dengan begitu, tingkatkan pemberantasan pungli menjadi respon dari laporan masyarakat.

Sebab, adanya pungli bisa merugikan masyarakat sekitar sampai negara. Dengan adanya tingkatkan pemberantasan pungli lewat pengawasan dan tindakan tegas menjadi upaya pencegahan terbaik.

Kemenkumham DIY berharap program ini menjadi momen yang indah dan awal yang baik. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, berikan program yang meningkatkan pemberantasan pungli.

BACA JUGA :  Berikut Peringkat 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Yogyakarta, Bisa Menjadi Pilihan Studimu

BACA JUGA : 4 Deretan Universitas Swasta di Yogyakarta dengan Akreditasi A Terbaik, Simak Lengkapnya

Hasil rapat 20 September 2024 : 

Kemenkumham DIY secara resmi akan memberantas pungli yang terjadi. Kemenkumham menginginkan pemilihan yang bersih dengan koordinasi dan taktik yang ada saat ini.

Program pemberantasan pungli yang lebih baik dilaksanakan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kemenkumham, yang dipimpin oleh Ketua Intelijen UPP Kemenkumham.

Tujuan dari program tingkatkan pemberantasan pungli adalah untuk memastikan bahwa pemilihan di daerah Yogyakarta dilakukan secara transparan. Untuk keberlangsungan yang indah, instansi harus bekerja sama satu sama lain dalam pendeteksian, pelapuran, dan tindakan.

Pentingnya peran masyarakat dalam pemberantasan pungli

Menunjukkan bahwa berbagai sektor publik sangat penting untuk mengetahui tentang pungli. Untuk memastikan program pembersihan pemilu berjalan lancar, dia meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemberantasan pungli.

Bagaimana platform khusus yang dibuat oleh Saber Pungli Kemenko Polhukam muncul dari sana? Aplikasi Siduli memungkinkan setiap orang untuk melaporkan kebusukan pungli tanpa takut.

Ini juga mempermudah pemerintahan untuk memeriksa lapangan dari laporan masyarakat. Dari sana, menjadi lebih mudah bagi aparatur negara untuk bekerja untuk kesejahteraan umum.

Dengan memberikan laporan yang aktif dan nyata, masyarakat berharap dapat membantu penegak hukum memerangi individu yang merusak pemilu. Baik untuk mengawasi dan mengambil tindakan lebih lanjut terhadap praktik pungli saat ini.

Dengan kerja sama yang kuat antara masyarakat dan pemerintah, pengawasan lebih aman dapat dicapai. Dengan kolaorasi pemberantasan pungli yang kuat pada pemilu 2024, program dapat berjalan lancar.

Bahkan Kemenkumham DIY memberikan pelatihan untuk meningkatkan kerja sama. Ini dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan menghentikan pungli di Jogja.

Kategori :