Cara Menguras Lumut Di Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai 4 Bahan Rumahan

Kamis 10-10-2024,08:38 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu alat elektronik rumah tangga yang selalu dipakai untuk mencuci pakaian kotor setiap harinya.

Meskipun merek mesin cuci terbaik digunakan setiap hari, tapi mesin cuci juga perlu dilakukan perawatan dan juga pembersihan dengan rutin.

Hal ini sebab, ada saja masalah yang terjadi pada merek mesin cuci terbaik saat kamu menggunakan mesin cuci. Salah satunya yaitu masalah mesin cuci yang berlumut.

Kamu harus tahu bahwa lumut bisa menyebabkan munculnya bau tak sedap, membuat risiko kerusakan mesin cuci meningkat, bahkan bisa berpengaruh pada kebersihan pakaian yang dicuci.

BACA JUGA:Untuk Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik, Lebih Baik Pakai Air Panas atau Air Dingin?

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Kapasitas 12 Kg

Kamu tidak perlu repot - repot membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan menggunakan air atau memakai produk pembersih khusus mesin cuci.

Sebagai penggantinya, untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik, kamu bisa menggunakan beberapa bahan rumahan.

Bahan - bahan rumahan ini terbebas dari bahan kimia dan juga ramah bagi lingkungan. Apalagi, beberapa bahan rumahan ini sangat gampang untuk ditemukan di pasaran dan juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Berikutbeberapa  bahan rumahan untuk membersihkan mesin cuci yang lumutan :

1. Cuka Putih

Untuk bahan rumahan yang pertama yaitu cuka putih. Cara mengaplikasikannya yaitu kamu cukup mencampurkan 1 cangkir cuka putih dan 1 cangkir air yang hangat. Lalu, tuang larutan cuka tersebut di dalam drum mesin cuci.

Hidupkan aktifkan siklus pencucian yang penuh menggunakan air panas pada waktu selama beberapa menit. Setelah itu, matikan mesin cuci kamu dan biarkan larutan tersebut ada di dalam mesin cuci sekitar selama 1 jam sebelum kamu melanjutkan siklus pencucian sampai selesai.

BACA JUGA:7 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar Meski Sudah Hidup, Ini Cara Memperbaikinya

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Anti Karat, Harga Sangat Terjangkau

2. Soda Kue

Kamu juga bisa pakai soda kue guna menghilangkan lumut yang ada di mesin cuci dengan alami. Bahan rumahan ini tergolong efektif untuk menghilangkan lumut yang ada dalam mesin cuci. Serta, bisa membersihkan dan juga mengharumkan mesin cuci secara menyeluruh.

Yang harus dilakukan pertama kali yaitu taburkan sekitar sebanyak 1/2 cangkir soda kue di dalam drum mesin cuci yang kondisinya kosong. Lalu, nyalakan siklus pencucian penuh pakai air panas.

3. Lemon

Perlu kamu ketahui kalau lemon memiliki kandungan asam sitrat alami yang bisa membantu mengurangi kotoran yang susah untuk lepas, termasuk juga menghilangkan lumut.

Caranya, kamu bisa iris dengan tipis lemon dan taruh dalam drum mesin cuci yang kosong. Lalu, siklus pencucian penuh dengan air panas diaktifkan dan biarkan buah lemon tersebut bekerja dalam membersihkan mesin cuci yang kondisinya sudah berlumut.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Anti Goyang Dengan Harga Murah

BACA JUGA:Cara Menghindari Merek Mesin Cuci Terbaik Konslet

Buah lemon ini akan membuat merek mesin cuci terbaikmu kembali bersih kondisinya seperti baru, dan juga meningkatkan kesegaran di mesin cuci.

Selain lemon, kamu juga bisa pakai jeruk nipis untuk membersihkan mesin cuci.

4. Es Batu dan Garam

Yang terakhir, kamu juga bisa pakai campuran es batu dengan garam untuk bersihkan lumut di mesin cuci. Caranya isi bak pencuciannya dengan beberapa jumlah es batu dan beri beberapa sendok makan garam.

Kemudian, aktifkan siklus cuci penuh dengan air panas. Garam dan es batu dibiarkan bekerja dalam mengikis lumut dan membersihkan di mesin cuci bagian dalam. Hasilnya yaitu akan membuat mesin cuci kamu jadi bersih kembali seperti baru beli.

Itulah beberapa bahan rumahan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan lumut yang ada di merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :