Menyambangi Wisata Terbaru 2024 Embung Banjaroya, Identik dengan Agrowisata Buah Durian Khas

Rabu 09-10-2024,12:09 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Menghabiskan waktu liburan di Joja bisa dengan berkunjung ke tempat wisata terbaru 2024 seperti gunung, pantai, atau lainnya. Namun, jika Anda bosan dengan wisata tersebut, bisa mengunjungi embung atau waduk buatan yang menawarkan sensasi berwisata berbeda. 

Salah satu wisata terbaru 2024 waduk buatan di Jogja adalah Embung Banjaroa yang berada di Kulonprogo yang menawarkan suasana pedesaan  di perbukitan yang masih asri dan pemandangan waduk dari ketinggian.

Penasaran dengan destinasi wisata terbaru 2024 Embung Bajaroya di Kulonprogo yang satu ini? Tuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Embung Banjaroya

Embung Banjaroya tidak hanya dijadikan sebagai tempat penampungan air hujan, tetapi juga  dijadikan wisata terbaru 2024 alternatif untuk mencari angin segar dari hiruk pikuk perkotaan.

BACA JUGA:4 Penginapan Murah Terdekat Jogja, Punya Family Room, Bikin Interaksi Keluarga Makin Hangat

BACA JUGA:Viral Di Tiktok, Berikut Daftar Wisata Terbaru 2024 Liburan Jogja Semakin Seru

Waduk seluas 60 x 80 meter yang dibangun tahun 2013-2014 ini memiliki kapasitas tampung 8.000 sampai 10.000 meter kubik air yang mampu mengairi 30 hektar kebun durian di sekitarnya.

Pembangunan embung ini kemudian dikembangkan kembali menjadi agrowisata buah durian untuk menarik wisatawan dari Jogja maupun luar kota. 

Salah satu hal yang menjadi keunikan tempat ini adalah terdapat ikon wisata berupa patung durian raksasa di pintu masuk waduk yang melambangkan wilayah ini sebagai sentra penghasil durian jenis menoreh.

Bahkan, buah durian jenis menoreh yang dihasilkan di wilayah ini merupakan yang terbaik seantero Yogyakarta. Ciri khas dari buah ini adalah  daging buah yang berwarna putih hingga kuning kemerahan.

Ketika musim panen tiba, Desa Banjaroya bisa memiliki 1000 sampai 3000 pohon durian yang siap berbuah baik itu di kebun maupun rumah warga.

 

Jika Anda berkunjung ke Embung Bajaroya saat musim durian, bisa m erasakan keseruan festival durian yang rutin diselenggarakan.

Selain menikmati buah durian khas desa ini, wisatawan yang datang bisa menikmati    pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dari waduk.

Saat berkunjung ke tempat wisata terbaru 2024 yang satu ini pada waktu sore hari, wisatawan akan disugukan dengan panorama sunset yang tidak kalah cantik.

Kategori :