5 Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Kotor, Ini Solusinya

Senin 30-09-2024,12:02 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

 

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik adalah alat yang sangat membantu dan membuat pekerjaan kita sehari-hari dalam mencuci pakaian jadi lebih mudah.

Tapi, terkadang ada masalah yang muncul saat air di dalam merek mesin cuci terbaik terlihat kotor ataupun tercemar, yang tentunya bisa berpengaurh pada hasil cucian.

Air merek mesin cuci terbaik yang kotor dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari keadaan mesin cuci itu sendiri sampai kualitas air yang dipakai.

Jadi, penting bagi kamu untuk tahu hal- hal yang menyebabkan merek mesin cuci terbaik airnya kotor, agar kamu bisa segera menanganinya dengan tepat dan cepat.

BACA JUGA : Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Dan Kotor Bisa Bersih Seperti Baru, Cukup Pakai Cuka Putih Dan Baking Soda

BACA JUGA : 7 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bukaan Depan Cepat Rusak

Berikut penyebab air mesin cuci kotor :

1. Penumpukan Kotoran dalam Mesin Cuci

Mesin cuci yang sering dipakai untuk mencuci pakaian dengan jumlah yang besar tanpa dibersihkan dengan teratur akan cenderung membuat menumpuknya sisa sabun, serat kain, kotoran, dan mineral yang berasal dari air.

Penumpukan ini bisa membentuk lapisan pada tabung cuci, filter, atau saluran air, yang akhirnya bisa mengotori air cucian.

Saat residu atau kotoran sudah menumpuk, maka partikel ini akan tercampur lagi ke dalam air ketika sedang mencuci pakaian, sehingga membuat air terlihat keruh.

Selain itu, menumpuknya residu juga bisa jadi penyebab bau tak sedap di pakaian setelah pakaian selesai dicuci, walaupun sudah pakai deterjen.

Solusinya : Lakukan pembersihan rutin pada mesin cuci. Beirkut langkah - langkahnya :

- Bersihkan tabung mesin cuci pakai campuran air hangat dan baking soda atau cuka untuk membantu menghilangkan kerak dan sisa deterjen yang melekat.

- Secara berkala cek dan bersihkan filter mesin cuci, Sebab filter ini sering jadi tempat menumpuknya kotoran.

- Pakai program "self-cleaning" di mesin cuci modern, yang dibuat guna membersihkan bagian dalam mesin dengan otomatis.

BACA JUGA : 10 Kesalahan Mencuci Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bisa Berakibat Fatal

BACA JUGA : 4 Cara Mengatasi Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau Gosong

2. Kualitas Air Buruk

Ada beberapa daerah yang mungkin air yang disuplai mengandung mineral yang banyak seperti zat besi, magnesium, atau kapur.

Air yang kaya mineral ini cenderung akan meninggalkan residu pada mesin cuci dan di pakaian.

Di beberapa wilayah juga airnya bisa saja tercemar lumpur, partikel tanah, ataupun partikel lainnya yang terbawa saluran air, terutama sesudah hujan deras atau ada gangguan di sistem perpipaan.

Air yang kondisinya kotor ini tentu akan berdampak di air dalam mesin cuci, dan membuat air cucian jadi keruh bahkan berwarna.

Solusinya : Apabila masalahnya ada pada kualitas air, berikut beberapa langkahnya :

- Filter air dipasang di saluran masuknya air mesin cuci. Filter ini bisa membantu menyaring kotoran dan juga menyaring partikel mineral dari air sebelum nantinya masuk ke dalam mesin cuci.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar dan Muncul Suara Dengung, Begini Solusinya

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Noda Hitam Merek Mesin Cuci Terbaik, Hanya Pakai 1 Bahan

- Pertimbangkan untuk pakai water softener atau pelembut air apabila masalah utamanya ada di air keras. Alat ini akan membuat kandungan mineral yang ada di air jadi berkurang.

- Apabila memakai air sumur atau air dari sumber yang kemungkinan tercemar, lebih baik kamu lakukan uji kualitas air secara berkala guna memastikan air yang dipakai bersih dan untuk layak dipakai.

3. Pemakaian Deterjen Berlebihan

Saat terlalu banyak deterjen dipakai, terutama di mesin cuci yang memakai air sedikit (front loading), deterjen yang jumlahnya berlebihan tidak akan bisa larut sepenuhnya. Hal itu dapat membuat resdiu deterjen jadi menumpuk di mesin cuci dan akan tercampur bersama air cucian.

Residu deterjen yang tidak dapat larut tersebut bisa membuat lapisan yang lengket di dalam mesin cuci dan menyebabkan muncul bau tidak sedap.

BACA JUGA : 5 Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Praktis

BACA JUGA : Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cara Tradisional

Selain itu, residu deterjen juga dapat menempel di pakaian, yang menyebabkan cucian jadi tidak benar - benar bersih dan akan terasa licin sesudah dicuci. Deterjen digunakan secukupnya saja sesuai yang tertera pada petunjuk kemasannya.

Setiap mesin cuci mempunyai kapasitas air yang berbeda - beda, jadi penting bagi kamu untuk menyesuaikan jumlah deterjen dengan jumlah pakaian yang dicuci dan kualitas air.

Selain itu, pakailah deterjen yang khusus diformulasikan untuk mesin cuci yang airnya sedikit (low-sudsing detergent) apabila memakai mesin cuci front loading.

4. Kondisi Mesin Cuci Sudah Tua

Mesin cuci yang berusia lama atau jarang dirawat dengan benar maka bisa mengalami kerusakan di bagian - bagian internal mesin cuci, seperti tabung cuci atau saluran pembuangan, yang pada akhirnya bisa menyebabkan air jadi kotor.

Bagian - bagian tersebut bisa berkarat ataupun mengalami korosi, terutama bila mesin cuci dipakai dalam jangka waktu yang lama tanpa disertai dengan perawatan yang memadai.

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Bilas Tidak Mau Keluar, Ini Solusinya

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar Dan Manfaatnya

Selain itu, selang air yang dipakai juga bisa jadi tempat untuk penumpukan kotoran, terutama apabila terdapat kebocoran ataupun kerusakan selang.

Hal itu bisa menyebabkan air yang masuk dalam mesin cuci jadi tidak lagi bersih dan malah akan membawa partikel kotoran yang bisa mempengaruhi kebersihan dari air cucian.

Lakukan pengecekan rutin di mesin cuci, terutama bagian yang sering terpapar air seperti filter, selang, dan tabung cuci.

Apabila usia mesin cuci sudah terlalu tua dan sering bermasalah, kemungkinan sudah waktunya kamu ganti mesin cuci baru. Selang air yang diganti secara berkala juga dapat mencegah dari masalah air yang kotor.

5. Lumpur atau Sisa Sabun dari Pakaian

Pakaian yang kondisinya sangat kotor, seperti pakaian kerja, pakaian yang terpapar lumpur dan tanah, dapat mengotori air cucian langsung.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tiba-Tiba Tidak Bisa Membuang Air

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Berkualitas Agar Tidak Cepat Rusak

Selain itu, beberapa jenis dari kain pakaian juga dapat menyerap banyak deterjen ataupun pelembut pakaian, sehingga ketika dicuci, residu dari cucian yang sebelumnya akan tercampur dengan air cucian yang baru.

Sebelum kamu memasukkan pakaian tersebut ke dalam mesin cuci, lebih baik bilas terlebih dahulu atau kamu bersihkan kotoran yang ada secara manual.

Hal itu akan mengurangi jumlah dari kotoran yang masuk ke mesin cuci dan menjaga airnya agar tetap bersih.

Itulah beberapa faktor penyebab air merek mesin cuci terbaik kotor, serta solusinya. Semoga bermanfaat.

Kategori :