Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berlumut Pakai Bahan Rumahan, Kinclong Seperti Baru Beli

Kamis 26-09-2024,11:50 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi barang rumah tangga yang dipakai setiap hari untuk kegiatan mencuci pakaian agar pakaian kita jadi bersih.

Namun, seiring dengan waktu, kondisi merek mesin cuci terbaik bisa saja kotor sebab digunakan terlalu sering, seperti munculnya lumut.

Jika kamu sedang mencari cara untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik yang berlumut. Kamu Tidak perlu repot-repot,karena cara membersihkan mesin cuci berlumut sebenarnya sangat mudah sekali.

Untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik yang berlumut yang bisa kamu coba yaitu kamu hanya cukup dengan menggunakan beberapa bahan rumahan. Yaitu seperti, cuka, soda kue, dan juga minyak esensial.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berputar

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Bilas Tidak Mau Keluar, Ini Solusinya

Berikut cara membersihkan lumut pada mesin cuci dengan bahan rumahan :

1. Tuang Soda Kue

Pertama yaitu kamu perlu mengkosongkan mesin cuci hingga tidak ada satupun benda - benda yang masih tersisa di dalam mesin cuci kamu. Kemudian, kamu masukkan soda kue dalam jumlah sekitar 2 cangkir di dalam mesin cuci.

Soda kue nantinya akan bekerja guna membersihkan di bagian dalam dari mesin cuci, dan akan menghilangkan bau tidak sedap serta jamur yang masih tertinggal di dalamnya akibat dari sisa detergen serta pelembut kain.

Setelah itu, kamu juga masukkan air yang panas lalu jalankan siklus mencuci pakaian selama beberapa menit.

2. Tambahkan Cuka dan Minyak Esensial

Selanjutnya yaitu kamu bisa berikan sebanyak 2 cangkir cuka putih dan minyak esensial sebanyak 10 tetes. Kamu juga bisa pilih aroma dari minyak esensial seperti aroma lavender atau pohon teh.

Hal itu akan membantu kamu menghilangkan endapan mineral dan juga menghilangkan jamur. Serta akan bertindak sebagai disinfektan yang ringan.

BACA JUGA : Perbandingan Baju Dan Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Overload

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bergetar Kencang Saat Mengeringkan Baju

Setelah itu, jalankan siklus mencuci pakaian kembali. Cuka dapat membantu untuk memecah endapan dalam bentuk apapun, dan kemudian akan menghilangkan bau berjamur.

3. Seka Bagian dalam Mesin Cuci

Setelah sudah selesai, kamu bisa secara cepat menyeka drum mesin cuci dan agitator dengan memakai cuka dan kain berbahan katun.

Apabila ternyata terdapat noda, maka cobalah kamu menggosoknya dengan memakai air dan pasta soda kue serta pakai spons yang anti gores.

4. Bersihkan Segel Karet Mesin Cuci

Apabila kamu pakai mesin cuci bukaan depan, coba kamu perhatikan langkah berikut ini. Di mesin cuci tipe bukaan depan, terdapat segel karet yang posisinya membentang di sepanjang bagian tepi pintu mesin cuci.

Nah, kamu sangat harus untuk membersihkan pada bagian ini. Caranya adalah kamu bisa celupkan kain katun di dalam larutan yang berisi cuka putih biasa dan juga 10 tetes minyak esensial. Kemudian, kamu usap segel karet merek mesin cuci terbaik dengan baik.

BACA JUGA : 7 Kondisi Merek Mesin Cuci Terbaik Perlu Dibawa Ke Tukang Servis

BACA JUGA : Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak

5. Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Selanjutnya yaitu kamu bersihkan seluruh bagian dari permukaan luar mesin cuci. Tidak terkecuali pada dispenser detergen di mesin cuci.

BJangan lupa untuk kamu bersihkan juga di bagian dalam mmesin cuci dan juga bagian luar pintu mesin cuci dengan menggunakan kain katun, air, dan cuka.

Bila diperlukan, area yang kotor digosok menggunakan sikat gigi. Tambah soda kue bila perlu untuk hasil pembersihan yang lebih maksimal. Terakhir, semuanya dibersihkan dengan memakai kain katun.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik yang berlumut hanya dengan menggunakan bahan rumahan agar hasilnya bisa kinclong seperti baru beli. Semoga bermanfaat.

Kategori :