Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bunyi Kasar, Berikut Cara Memperbaikinya

Selasa 17-09-2024,09:31 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu barang yang penting dalam rumah tangga untuk menjaga kebersihan pakaian sehari-hari kita.

Tetapi, terkadang merek mesin cuci terbaik bisa mengalami sebuah masalah, salah satu masalahnya yaitu mengeluarkan bunyi yang kasar yang sangat mengganggu.

Bunyi kasar yang muncul dari merek mesin cuci terbaik bisa menjadi tanda bahwa sedang ada masalah yang harus segera diatasi.

Dengan kamu mengidentifikasi penyebabnya dan mengambil langkah perbaikan yang tepat, kamu bisa mengatasi masalah bunyi kasar di merek mesin cuci terbaikmu sekaligus menjaga kinerjanya supaya tetap optimal.

BACA JUGA : Penyebab Tombol Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Berputar, Begini Solusinya

BACA JUGA : Tips Ampuh Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut penyebab merek mesin cuci terbaik berbunyi kasar dan cara memperbaikinya :

1. Beban Terlalu Berat

Apabila kamu memasukkan pakaian terlalu banyak atau mencampur pakaian yang berat dengan pakaian yang ringan, maka mesin cuci akan bekerja dengan lebih keras dan bisa menimbulkan suara berisik.

Solusinya yaitu pastikan kamu ikuti petunjuk kapasitas mesin cuci dan batasi beban yang dimasukkan ke dalamnya supaya tidak melebihi kapasitas yang telah direkomendasikan.

2. Kaki Mesin Cuci Tidak Stabil

Mesin cuci yang kondisinya tidak seimbang atau yang kakinya tidak stabil bisa menyebabkan bunyi kasar ketika mesin sedang beroperasi.

Hal itu terjadi sebab mesin cuci bergoyang ataupun bergeser ketika berputar, sehingga akan menyebabkan suara yang berisik.

Pastikan kalau kaki-kaki mesin cuci sudah dipasang dengan baik dan posisinya sejajar dengan lantai. Kamu bisa memakai level atau alat ukur yang lainnya guna memastikan keseimbangan dengan tepat.

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Tempat yang Terkena Sinar Matahari, Berikut Penjelasannya

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Dekat Kulkas, Berikut Ini Penjelasannya

3. Baut atau Sekrup yang Longgar

Bunyi kasar yang muncul pada merek mesin cuci terbaik juga bisa disebabkan karena baut atau sekrup yang kondisinya sudah longgar.

Pengecekan secara rutin pada bagian-bagian mesin cuci dan memastikan kalau semua baut dan sekrupnya terpasang dengan baik bisa membantu kamu dalam mengurangi suara berisik.

Cek dan perketat baut atau sekrup yang tampak sudah longgar, terutama di bagian motor dan di bagian yang bergerak.

4. Belt yang Aus atau Tergeser

Belt di mesin cuci tugasnya untuk menggerakkan bagian-bagian yang penting seperti motor dan juga drum. Apabila belt sudah aus ataupun tergeser dari posisi yang seharusnya, maka mesin cuci bisa menghasilkan bunyi yang kasar atau berisik.

Apabila kamu menjumpai belt tampak aus atau longgar, maka sebaiknya kamu ganti dengan belt yang baru yang sesuai model dan merek mesin cuci terbaik kamu.

BACA JUGA : Cara Menguras Air Di Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Manual

BACA JUGA : Bahaya Merek Mesin Cuci Terbaik Jika Kelebihan Muatan

5. Bearing yang Aus

Bearing bertugas membantu dalam memastikan gerakan yang halus ketika drum berputar. Apabila bearing rusak atau aus, maka mesin cuci bisa menghasilkan bunyi yang berdengung atau berderak cukup nyaring.

Mengganti bearing yang sudah aus mungkin membutuhkan bantuan seorang yang profesional, oleh sebab itu sebaiknya kamu hubungi teknisi atau ahli dalam perbaikan mesin cuci.

6. Filter yang Tersumbat

Kondisi filter yang sudah tersumbat kotoran, serpihan, ataupun berbagai benda asing yang lainnya bisa membuat aliran air jadi terganggu dan mengakibatkan mesin cuci jadi bunyi kasar.

Pastikan kamu bersihkan filter secara berkala sesuai pada petunjuk yang diberikan produsen. Bersihkan sisa pakaian, serpihan, ataupun kotoran yang terjebak di dalam filter guna memastikan kalau aliran airnya lancar dan untuk megurangi risiko munculnya bunyi kasar.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Ketika Sedang Digunakan

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Total, Begini Solusinya

7. Komponen Rusak

Apabila mesin cuci kamu terus menghasilkan bunyi kasar meski kamu telah mengecek berbagai faktor di atas, kemungkinan besar terdapat komponen yang aus atau rusak.

Beberapa komponen seperti shock absorber, suspensi, atau beberapa bagian mekanis yang lainnya yang sudah rusak bisa menyebabkan mesin cuci kamu berbunyi kasar.

Alangkah lebih baik kamu memanggil teknisi atau ahli perbaikan mesin cuci yang bisa membantu dalam mengidentifikasi dan juga mengganti komponen - komponen yang rusak.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang harus dilakukan untuk memperbaiki merek mesin cuci terbaik yang berbunyi kasar. Semoga bermanfaat.

Kategori :