Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bergerak

Senin 16-09-2024,08:47 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik dengan pengering merupakan perangkat elektronik yang fungsinya sangat berguna untuk kegiatan mencuci pakaian sehari-hari.

Tetapi, kadang-kadang merek mesin cuci terbaik dengan pengering dapat mengalami masalah yang di mana pengering mesin cuci tidak bisa berputar.

Terdapat beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab masalah pada pengering merek mesin cuci terbaik yang tidak bisa bergerak ini bisa terjadi.

Kamu bisa mencoba mengecek dan memperbaiki masalah dengan lebih sederhana seperti sabuk yang putus atau tabung pengering penuh.

BACA JUGA : Tips Ampuh Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Takaran Pewangi Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Berikut ini beberapa penyebab pengering mesin cuci tidak bergerak :

1. Sabuk yang Putus

Mesin cuci yang dilengkapi dengan pengering memakai sabuk guna menggerakkan pengering. Apabila sabuk ini telah putus ataupun kondisinya telah longgar, maka pengering tidak akan dapat bergerak.

Kamu bisa mengecek sabuk yang posisinya ada di bagian belakang pada mesin cuci untuk memastikan apakah sabut tersebut putus atau longgar. Bila begitu, maka sabuk harus diganti yang baru.

2. Motor Pengering yang Rusak

Motor pengering merupakan salah satu komponen mesin cuci yang gunanya untuk menggerakkan pengering. Apabila motor pengering mengalami kerusakan atau sudah mati, maka pengering mesin cuci tidak dapat berfungsi.

Kamu bisa mengecek motor dengan cara mendengarkan suara yang timbul ketika mesin cuci dihidupkan. Apabila kamu tidak mendengar danya suara motor berputar, maka kemungkinan motor pengering harus diganti.

BACA JUGA : Bahaya Merek Mesin Cuci Terbaik Jika Kelebihan Muatan

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Ketika Sedang Digunakan

3. Pengunci Pintu Rusak

Pengunci pintu yang sudah rusak juga bisa mengakibatkan masalah di pengering mesin cuci. Pengunci pintu merupakan mekanisme keamanan yang akan membuat pintu mesin cuci terkunci selama siklus pengeringan.

Apabila pengunci pintu tersebut mengalami kerusakan atau tidak dapat berfungsi dengan semestinya, maka mesin cuci tidak akan bisa membuat pengering untuk bergerak. Cek pengunci pintu dan pastikan kalau pintunya berfungsi dengan benar.

4. Thermal Fuse Terbakar

Thermal fuse merupakan komponen yang akan melindungi mesin cuci dari kelebihan suhu. Apabila thermal fuse sudah terbakar, maka hal itu akan memutus aliran listrik pada pengering, sehingga menyebabkan pengering tidak bisa bergerak. Kamu perlu mengecek thermal fuse dan menggantinya apabila terbakar.

5. Tabung Pengering Penuh

Tabung pengering yang keadaannya penuh dengan serpihan kain, kotoran, ataupun benda asing yang lainnya juga bisa mengakibatkan pengering tidak bergerak.

Apabila tabung pengering kondisinya terlalu penuh, maka akan membuat aliran udara jadi terhalang, yang membuat putaran pengering jadi terhambat. Bersihkan tabung pengering dengan teratur agar masalah ini bisa dicegah.

BACA JUGA : Cara Menguras Air Di Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Manual

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Total, Begini Solusinya

6. Masalah Elektronik

Terkadang, masalah yang terjadi pada sistem elektronik merek mesin cuci terbaik bisa menjadi penyebab pengering tidak dapat bergerak.

Sensor ataupun bagian elektronik yang lainnya yang bertugas untuk mengontrol pengering kemungkinan mengalami kerusakan ataupun kesalahan.

Dalam masalah seperti ini, sebaiknya kamu panggil teknisi perbaikan yang sudah terlatih untuk melakukan diagnosis dan mengatasi masalah ini.

7. Kelebihan Beban

Mesin cuci memiliki pengering yang punya batas berat maksimal yang bisa ditangani. Apabila kamu mengisinya dengan melebihi batas beban yang sudah ditentukan, mungkin pengering mesin cuci tidak akan bergerak.

Pastikan kamu tidak memuat pakaian terlalu banyak ke dalam mesin cuci supaya pengering bisa berfungsi dengan baik.

Tetapi, untuk masalah lebih kompleks atau apabila kamu tidak yakin mengenai perbaikan, disarankan untuk kamu selalu memanggil teknisi terlatih untuk perbaikan.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkarat

BACA JUGA : Dampak Colokan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Dicabut

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab masalah pada pengering merek mesin cuci terbaik yang tidak bergerak. Semoga bermanfaat.

Kategori :