Cara Menguras Air Di Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Manual

Sabtu 14-09-2024,09:18 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu peralatan yang akan sangat membantu kamu dalam menjaga pakaian tetap bersih dan juga segar.

Tetapi, selama pemakaian merek mesin cuci terbaik, air yang dipakai untuk mencuci pakaian harus dikeluarkan dengan teratur supaya mesin cuci tetap berfungsi dengan baik.

Menguras air dari merek mesin cuci terbaik sangat penting sebab air bekas cucian memiliki kandungan deterjen, dan kotoran, serta kotoran dari pakaian kamu.

Apabila air tersebut tidak dikeluarkan dengan teratur, maka bisa menyebabkan masalah yang serius pada merek mesin cuci kamu, seperti :

BACA JUGA : Menyimpan Pakaian Terlalu Banyak di Merek Mesin Cuci Terbaik, Apa Bahayanya

BACA JUGA : Dampak Serius Merek Mesin Cuci Terbaik Jarang Dibersihkan, Jangan Disepelekan

1. Kinerja Buruk

Air yang kondisinya kotor dan sudah terkontaminasi bisa membuat kinerja mesin cuci jadi berkurang. Mungkin pakaian tidak dicuci secara bersih atau malah bisa rusak selama proses pencucian.

2. Kerusakan Mesin

Air yang secara terus menerus tertinggal di mesin bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, seperti elemen pemanas dan pompa air. Itu dapat meningkatkan biaya perbaikan.

3. Pencemaran

Air yang masih tertinggal di dalam mesin cuci bisa menjadi tempat untuk bakteri dan jamur berkembang biak. Hal ini bisa mengakibatkan pakaian jadi bau tidak sedap dan tidak bersih ketika dicuci.

Berikut ini langkah - langkah menguras air dari mesin cuci :

1. Matikan Daya Mesin Cuci

Langkah pertama yang kamu lakukan yaitu harus matikan daya mesin cuci kamu. Pastikan kalau mesin cuci dalam kondisi non-aktif dan tidak sedang dalam proses pencucian ketika kamu memulai proses pengosongan air.

BACA JUGA : Takaran Pelembut Pakaian Yang Tepat Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Dampak Colokan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Dicabut

2. Siapkan Wadah Penampung

Kamu perlu siapkan wadah atau ember yang ukurannya cukup besar guna menampung air yang nanti akan dikeluarkan dari dalam mesin cuci.

Pastikan kalau wadah yang kamu siapkan bersih dan bisa untuk menampung semua volume air yang terdapat di dalam mesin.

3. Temukan Selang Pembuangan Air

Selang pembuangan air merupakan saluran yang menghubungkan antara mesin cuci dengan pembuangan air di rumah kamu.

Biasanya warna selang ini yaitu abu-abu dan ada di belakang atau di samping mesin cuci. Lepas ujungnya selang dari saluran pembuangan.

4. Tempatkan Wadah di Bawah Selang

Letakkan wadah penampung tepat di bawah ujung dari selang pembuangan air. Pastikan kalau wadah tersebut ditaruh dengan aman sehingga air yang akan mengalir tidak akan tumpah.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Busa, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Cara Mengatur Kecepatan Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Pas Ketika Dipakai

5. Tutup Saluran Pembuangan dibuka

Kemudian, kamu buka penutup atau penutup saluran pembuangan air. Biasanya ini berupa tutup plastik yang berada di ujung selang. Buka tutup tersebut secara hati-hati untuk membuat air mengalir ke wadah penampung.

6. Biarkan Air Mengalir

Air tersebut kamu biarkan mengalir dari mesin cuci menuju ke wadah penampungan. Hal itu akan membutuhkan waktu selama beberapa menit tergantung volume air di mesin cuci kamu.

7. Cek Saluran Pembuangan

Setelah air sudah sepenuhnya dikeluarkan dari dalam merek mesin cuci terbaik, cek saluran pembuangan air dan selang guna memastikan bahwa tidak terdapat kotoran ataupun penyumbatan. Bersihkan apabila diperlukan.

8. Pasang Semua Bagian

Setelah selesai proses pengosongan dan kmau sudah yakin bahwa tidak ada air yang masih tersisa di dalam mesin cuci, pasang lagi selang pembuangan air ke saluran pembuangan. Pastikan seluruh bagian terpasang secara aman dan kencangkan.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkarat

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengisi Air Terus Menerus, Ini Solusinya

9. Nyalakan Mesin Cuci

Daya mesin cuci dihidupkan lalu kamu pastikan bahwa mesin cuci kamu berfungsi dengan baik. Kamu bisa melakukan tes pencucian yang sederhana tanpa ada pakaian guna memastikan semuanya sudah berjalan dengan lancar.

Beberapa tips tambahan :

1. Lakukan pengosongan dengan teratur

Idealnya, kamu harus mengosongkan air di mesin cuci sesudah tiap pemakaian atau paling tidak tiap beberapa kali pemakaian, terutama apabila mesin cuci kamu dipakai secara intensif.

2. Cek selang secara berkala

Selain melakukan pengosongan air, kamu juga perlu mengecek selang pembuangan air secara berkala guna memastikan bahwa tidak terdapat penyumbatan ataupun kerusakan yang bisa membuat aliran air terhambat.

3. Gunakan siklus pengosongan mesin cuci (bila ada)

Kebanyakan mesin cuci sudah mempunyai siklus pengosongan yang khusus dibuat untuk mengosongkan air dari mesin. Kamu bisa memakai siklus ini apabila tersedia guna mempermudah proses pengosongan.

BACA JUGA : Cara Melindungi Kabel Merek Mesin Cuci Terbaik Supaya Tidak Dimakan Tikus

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Pakaian Tidak Kering

4. Bersihkan mesin cuci secara berkala

Lakukan perawatan dan pembersihan secara berkala pada mesin cuci kamu sesuai panduan yang telah diberikan produsen untuk menjaga mesin cuci agar tetap berfungsi dengan baik. Menguras air mesin cuci merupakan bagian penting dari perawatan mesin cuci.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menguras air di pengering merek mesin cuci terbaik secara manual. Semoga bermanfaat.

Kategori :