Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Dekat Kulkas, Berikut Ini Penjelasannya

Jumat 13-09-2024,16:39 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Banyak muncul beberapa pertanyaan terkait dengan apakah boleh merek mesin cuci terbaik diletakkan di dekat dengan kulkas. Karena, di dalam tata letak yang ada di dapur, ruang yang terbatas ada banyak sekali.

Terdapat juga mitos yang beredar tentang dampak negatif yang akan muncul dari peletakkan merek mesin cuci terbaik yang posisinya dekat dengan kulkas terhadap kinerja dari peralatan.

Kamu boleh menempatkan merek mesin cuci terbaik di samping kulkas. Dengan catatan kamu memberikan jarak 50 mm antara dua alat elektronik in.

Hal yang tidak disarankan yaitu kamu menempatkan kulkas dekat dengan sumber panas. Seperti penanak nasi, kompor, radiator, ataupun sinar matahari langsung.

BACA JUGA : Dampak Serius Merek Mesin Cuci Terbaik Jarang Dibersihkan, Jangan Disepelekan

BACA JUGA : Takaran Pelembut Pakaian Yang Tepat Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik

Apabila keadaan tersebut tidak dapat kamu hindarkan, maka kamu dianjurkan untuk meminimalkan panas dengan cara memakai logam isulasi.

Kamu juga dapat memberikan jarak paling tidak sejauh 30 mm dari sumber panas. Kamu harus tahu tentang beberapa hal yang terkait dengan menaruh kulkas di dekat merek mesin cuci terbaik.

Berikut faktor penempatan mesin cuci dengan kulkas :

1. Suhu dan Radiasi Panas

Pada umumnya merek mesin cuci terbaik modern dibuat untuk menghasilkan panas yang terkendali pada saat selama proses mencuci berlangsung.

Tetapi, panas yang dihasilkan oleh mesin cuci ini tidak cukup kuat untuk dengan signifikan berpengaruh pada suhu yang ada di sekitar kulkas.

Kulkas mempunyai sistem pendinginan yang efektif guna menjaga suhu yang ada di dalamnya, sehingga pengaruh panas yang berasal dari mesin cuci biasanya tidak akan menjadi masalah.

BACA JUGA : Dampak Colokan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Dicabut

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkarat

2. Gangguan Elektromagnetik

Alat elektronik saat ini pada umumnya sudah mempunyai perisai elektromagnetik yang akan berguna untuk mencegah terjadinya gangguan antar peralatan.

Walaupun mesin cuci dan kulkas merupakan alat elektronik yang cukup besar. Selain itu, risiko terjadinya gangguan elektromagnetik yang signifikan pada umumnya akan lebih rendah.

3. Konflik Ruang

Peletakkan merek mesin cuci terbaik dan kulkas yang berdekatan memang dapat menciptakan konflik ruang apabila tidak dipikirkan secara baik-baik.

Tetapi, dengan kamu melakukan perencanaan yang baik, misal seperti memilih modelnya yang sesuai dengan ukuran ruangan yang sudah tersedia, maka kamu bisa menghindari terjadinya masalah ini.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengisi Air Terus Menerus, Ini Solusinya

BACA JUGA : Cara Mengatur Kecepatan Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Pas Ketika Dipakai

Berikut ini beberapa tips penempatan mesin cuci dan kulkas yang tepat :

1. Berikan Ruang Ventilasi

Pastikan bahwa terdapat ruang yang cukup di antara kulkas dan mesin cuci untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Hal itu akan membantu dalam mencegah terjadinya penumpukan panas yang ada di sekitar peralatan.

2. Gunakan Penutup atau Pemisah

Apabila kamu merasa khawatir mengenai dampak panas ataupun kelembapan yang berasal dari mesin cuci, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan penutup ataupun pemisah yang bisa untuk mengurangi paparan secara langsung.

3. Pertimbangkan Desain dan Fungsi

Kamu pilih desain dan juga model mesin cuci maupun kulkas yang memungkinkan untuk penempatan di dalam ruangan agar efisien. Perhatikan juga ukuran dan tata letak dengan optimal guna memaksimalkan ruang yang sudah tersedia.

4. Periksa Pedoman Produsen

Jangan lupa kamu untuk selalu merujuk pada pedoman yang sudah diberikan oleh produsen untuk setiap mesin cuci ataupun kulkas.

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Pakaian Tidak Kering

BACA JUGA : Cara Melindungi Kabel Merek Mesin Cuci Terbaik Supaya Tidak Dimakan Tikus

Panduan tersebut biasanya akan memberikan rekomendasi terkait dengan jarak minimal yang sebaiknya kamu jaga antara perangkat satu dengan yang lainnya.

Itulah penjelasan tentang faktor penempatan merek mesin cuci terbaik dengan kulkas yang tepat. Semoga bermanfaat.

Kategori :