Merek Mesin Cuci Terbaikmu Mati Total, Ketahui Penyebab dan Solusinya Disini

Jumat 06-09-2024,10:54 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

2. Sumber Listrik Bermasalah

Agar bisa bekerja dengan optimal, mesin cuci sangat bergantung pada sumber listrik. Jika sumber listrik mengalami masalah, tentu akan mempengaruhi kerja mesin cuci yang bisa berujung mesin bisa mati total.

Umumnya hal ini terjadi karena penempatannya yang tidak sesuai. Seperti yang diketahui bahwa mesin sumber listrik tidak boleh ditempatkan dekat dengan sumber air.

Sumber listrik yang terlalu sering terkena air tentu akan berisiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti konsleting dan secara perlahan bisa juga merusak kualitas mesin cuci tersebut.

3. Pompa Air Rusak

Pompa air pada mesin cuci berfungsi untuk memantau atau mengontrol aliran air yang digunakan saat proses mencuci pakaian berlagsung.  Penyebab mesin cuci mati total bisa juga disebakan oleh pompa air yang rusak.

Hal ini karena pompa air yang tidak bisa otomatis terbuka dan tertutup, sehingga air yang digunakan bisa melebihi kapasitas yang dibutuhkan.

BACA JUGA : Efek Menaruh Pakaian Basah Di Merek Mesin Cuci Terbaik Dalam Waktu Lama

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Berputar Bolak Balik Dan Macet

4. Proteksi Thermal Bermasalah

Biasanya mesin cuci sudah dilengkapi dengan proteksi thermal yang bertujuan untuk menghindari panas berlebih karena proses pencucian.

Namun, tidak bisa dipungkiri proteksi thermal ini bisa aus atau rusak akibat penggunaan yang berlebihan. 

Solusi Untuk Memperbaikinya

1. Periksa Kabel Power dan Sumber Listrik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu kabel power dan sumber listrik pada merek mesin cuci terbaik yang kamu miliki.

Kabel power sendiri merupakan kabel yang menghubungkan mesin cuci dengan sumber listrik, gunanya agar bisa menyala untuk beroperasi.

Kategori :