Manfaat Penerapan Frugal Living : Solusi Keberhasilan KPR 2024

Jumat 06-09-2024,08:53 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Tantangan Dalam Proses Take Over KPR 2024

BACA JUGA : Pahami Rekening Koran Dalam Persyaratan Berkas Pengajuan KPR 2024

Tips keberhasilan program frugal living

Dalam penerapan ini perlu adanya pengelolaan keuangan yang tepat dan jauh lebih efisien. Dengan begitu, ketekunan yang berencana membuat keinginan tercapai.

– Mulai menabung dan investasi diri

Penerapan finansial jangka panjang perlu adanya tabungan yang aman dan juag investasi diri. Baik dari tabungan pensiun, tabungan pendidikan, tabungan rumah, tabungan kesehatan, sampai tabungan darurat.

Pentingnya mencari tujuan dalam melangkah agar termotivasi lebih bijak dalam penghematan dana. Keuangan yang bijak bisa didapat jika manusia mengerti betul tujuan hidupnya.

– Cari barang bagus dengan murah

Dalam pembelian brang bisa mengutamakan kualitas, namun tetap mempertimbangkan harga yang aman. Pentingnya menimbang beberapa barang dari beberapa tempat untuk mendapat harga yang pas.

– Buat anggaran pengeluaran bulanan

Untuk penerapan frugal living, pengeluaran menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan begitu anggaran yang keluar jauh lebih terinci dan rapih untuk dilihat.

Dari sana pengeluaran bisa terlihat, begitupun dengan pemasukkan yang didapat. Adanya pencatatan bulanan bisa jadi gambaran untuk kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

– Analisa kebutuhan dan keinginan

Waktu melakukan belanja, biasanya banyak yang kalap karena melihap promo atau hal lain. Usahakan hanya beli kebutuhan mendesak dan untuk keinginan bisa ditunda.

Sebisa mungkin barang barang yang tidak perlu dihindari untuk meminimalisir pemborosan. Jangan sampai pengeluaran jadi implusif dan mengganggu tabungan yang perlu disisihkan.

– Waktu belanja perlu notes

Kategori :