Cara Terbaik Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Bau Apek

Kamis 05-09-2024,09:58 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Mencuci pakaian di dalam merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu tugas dalam rumah tangga yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang.

Tetapi, kadang kala merek mesin cuci terbaik mungkin tidak sepenuhnya mampu untuk menghilangkan bau apek di pakaian, terutama bila tidak dilakukan secara benar.

Mencuci baju menggunakan merek mesin cuci terbaik merupakan langkah penting dalam menjaga kebersihan baju dan kesehatan pakaian kamu.

Penting juga untuk menjaga kebersihan pada merek mesin cuci terbaik agar bisa mencegah kemunculan bau apek pada pakaian. Sehingga kamu bisa mendapatkan pakaian yang bersih dan segar setiap hari.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Macet

BACA JUGA : Penyebab Pengisian Air Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mau Mati

Berikut ini cara mencuci baju di mesin cuci supaya tidak bau apek :

1. Pemilihan Deterjen yang Tepat

Pilih deterjen yang sesuai jenis kain dan kebutuhan pakaian kamu. Hindari penggunaan deterjen yang terlalu banyak, sebab residu deterjen yang masih tertinggal pada pakaian bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Selain itu, gunakan deterjen yang mempunyai formula anti-bakteri atau pengharum agar bisa membantu menghilangkan bau yang ada dan mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri pada pakaian.

2. Hindari Membiarkan Pakaian Basah di Mesin Cuci Terlalu Lama

Setelah siklus pencucian telah selesai, angkat segera pakaian dari dalam mesin cuci dan jangan sampai kamu membiarkan pakaian kondisinya tetap basah berada di dalam mesin cuci dengan waktu terlalu lama.

Pakaian yang kamu biarkan basah di dalam mesin cuci bisa menjadi sarang bagi bakteri dan jamur, yang bisa mengakibatkan bau apek.

Apabila kamu tidak bisa menggantung pakaian dengan segera, kamu bisa pilih opsi pengeringan otomatis di mesin cuci kmau supaya pakaian kamu kondisinya tetap kering.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Tanpa Dibongkar

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Menguning

3. Cuci Pakaian menggunakan Air Panas

Air yang panas bisa membantu untuk membunuh bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan bau apek di pakaian. Bila memungkinkan, kamu pilih opsi pengaturan air panas di mesin cuci ketika kamu mencuci pakaian.

Tetapi, pastikan kamu cek petunjuk perawatan yang ada pada label pakaian untuk memastikan kalau kain pakaian tersebut aman untuk dicuci menggunakan air panas.

4. Jangan Memuat Mesin Cuci Terlalu Penuh

Janagan memuat mesin cuci dengan pakaian yang terlalu penuh. Karena mengisi mesin cuci terlalu penuh bisa membuat aliran air dan deterjen jadi terhambat, sehingga menyebabkan pakaian kamu tidak bisa dicuci secara bersih.

Selain itu, pakaian yang terlalu padat di dalam mesin cuci kemungkinan tidak akan mempunyai cukup ruang untuk bergerak dengan efektif yang bisa menyebabkan bau apek.

BACA JUGA : Penyebab Pakaian Masih Bau Dan Tidak Bersih Setelah Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

5. Gunakan Pengharum Pakaian

Apabila kamu masih mengalami masalah bau apek di pakaian kamu meskipun sudah dicuci dengan benar, kamu bisa gunakan pengharum pakaian.

Pengharum pakaian yang tersedia di berbagai bentuk, seperti  bola pengharum, pelembut kain, atau pelembut kain yang bentuknya cair.

Kamu hanyak perlu tambahkan pengharum pakaian di dalam mesin cuci ketika mencuci pakaian kamu untuk memberikan aroma yang segar dan bisa menyegarkan pakaian.

6. Jaga Kebersihan Mesin Cuci

Kebersihan pada mesin cuci juga sangat penting agar mbisa encegah munculnya bau apek pada pakaian. Dengan teratur kamu harus bersihkan di bagian dalam dan di luar mesin cuci, serta bak cuci, menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk mesin cuci atau kamu bisa campuran cuka dan air.

Pastikan kamu membersihkan saluran pembuangan dan filter mesin cuci dengan teratur untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

BACA JUGA : Bahaya Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Nyetrum, Begini Cara Pencegahannya

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

7. Menjemur Pakaian di Tempat yang Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari sangat baik untuk membunuh jamur dan bakteri serta menghilangkan bau tak sedap yang terdapat di pakaian.

Jemurlah pakaian di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung sesudah pakaian dicuci supaya bisa membantu menjaga kebersihan dari pakaian dan kesegaran pakaian kamu.

Tetapi, jangan jemur pakaian di bawah sinar matahari yang terik dalam waktu yang terlalu lama, karena hal tersebut bisa merusak serat kain pakaian.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencuci pakaian di merek mesin cuci terbaik, sehingga kamu bisa memastikan kalau pakaian kamu dicuci dengan bersih dan tidak bau apek. Semoga bermanfaat.

Kategori :