Tips Lolos KPR 2024 Khusus Single, Simak Ulasan Lengkapnya

Senin 02-09-2024,15:25 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Sewajarnya pihak bank akan melakukan pengecekan terhadap nasabah. Termasuk dengan SLIK OJK nasabah yang masih aman atau masuk daftar hitam.

Jika sudah masuk ke daftar hitam, jelas pengajuan tidak bisa dilanjutkan. Tapi kalau aman, pihak bank melanjutkann pengecekkan tehadap data dan berkas yang ada.

Normalnya jika SLIK OJK bertuliskan checking skor 1 artinya kredit lancar dan bank melanjutkan proses pinjaman. Setelahnya nasabah wajib membayarkan angsuran tepat waktu agar nama tetap aman.

- Keuangan stabil dengan pekerjaan aktif

Pihak bank akan mengecek keuangan yang dipunya nasabah dan juga riwayat kerja yang dipunya. Hal ini akan menjadi penting bagi pihak bank dalam keberlanjutan pengajuan.

Dalam artian, jika pekerjaan aman dan mendapatkan penghasilan aktif tanpa reputasi buruk. Program kpr bisa turun dengan mudah tanpa perlu waktu lama.


perlu pendalaman terhadap ketentuan yang ada-freepik-

BACA JUGA : Tips Mendapatkan KPR 2024 Yang Murah

BACA JUGA : Solusi Patah Hati, Wanita Berdaya Lewat Program Kpr 2024

- Mulai atur pengeluaran

Kalau memiliki angsuran usahakan mengatur pengeluaran dengan baik sesuai pendapatan yang ada. Kejelian yang dipunya dan kecermatan yang ada membuat keuangan tetap aman. 

Selain itu, ini akan berpengaruh terhadap bukti rekening selama 3 bulan terakhir dalam pengajuan pinjaman. Sebagai syarat utama administratif, tentu keluar masuknya uang dan tabungan menjadi penting.

Syarat umum kpr :

Dalam pengajuan kpr wajib orang Indonesia asli yang sudah bekerja minimal selama 2 tahun. Dengan penghasilan aktif dan sudah berusia lebih dari 21 tahun waktu pengajuan kpr.

Batas maksimal dalam angsuran pada usia 45 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tentunya masing masing bank punya pilarnya sendiri dalam program kpr.

Selain itu, perlu adanya dokumen rumah berupa sertifikat sebagai jaminan. Termasuk dengan SHM tanah, IMB, sampai persetujuan penjualan dari developer atau penjual properti.

Kategori :