Rumuskan Agenda Pentas Seni Tradisional, Brebes Gelar BISAFEST Wadah Ekspresi Seni Budaya Daerah

Senin 26-08-2024,07:53 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Belum adanya wadah pasti pentas seni tradisional, Pemerintah Kabupaten Brebes menggelar BISA FEST. Kegiatan tersebut, merupakan hasil kemitraan Komisi X DPR RI dan Kemenparekraf yang berlangsung di Grand Dian Hotel Brebes, Minggu (25/8).

Tujuannya, memberikan ruang ekspresi dan perform bagi semua pelaku seni dan budayawan dalam menjaga eksistensi berkarya.

Perwakilan Direktorat Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Arya Galih anindita menjelaskan, BISAFEST Festival Pesona Brebes dengan tema Merayakan Ragam Warisan Budaya menjadi langkah stimulan mengembangkan potensi seni budaya.

Terlebih, dengan kompleksnya keanekaragaman seni dan budaya tradisional harapannya bisa selalu eksis lestari.

BACA JUGA : Pemkab Brebes Buka Lowongan CPNS 2024, Tersedia 120 Formasi Tenaga Teknis dan 50 Tenaga Kesehatan

"Setelah adanya BISA FEST ini, ke depannya akan dirumuskan wadah untuk menjaga eksistensi seni kebudayaan tradisional. Sehingga, para seniman dan budayawan Brebes punya ruang khusus dalam menampilkan kreatifitas," ungkapnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menyampaikan,melalui BISA FEST ini ke depan tentu harus lebih banyak ruang dan kesempatan bagi para penggiat seni dan budayawan Brebes.

Contohnya, akan ada event-event tahunan yang menjadi agenda rutin. Khususnya, menampilkan keanekaragaman seni budaya tradisional Kabupaten Brebes agar lebih menonjol di tingkat nasional.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Eko Supriyanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi penuh dan mendukung pengembangan potensi seni budaya tradisional Brebes lebih meluas. Mengingat, banyak sekali kesenian berunsur perpaduan Jawa dan Sunda yang menjadi ciri khas Brebes.

"Seperti Seni Burok, Sintren, Dogdog Kaliwon, Kuntulan, Tari Topeng Brebes, dan Tari Topeng Sinok. Semuanya akan kita rumuskan menjadi agenda Tahunan sebagai Destinasi Wisata Daerah khusus," terangnya.

BACA JUGA : Tujuh Bulan, 1.012 Warga Brebes Daftar Haji di Kemenag Brebes Porsi Pemberangkatan Pendaftar 2012

Supriyanto menambahkan, dengan semangat mengembangkan seni budaya tradisional Brebes melalui event rutin tahunan. Ke depannya, bisa mengangkat kembali sekaligus membangun rasa kebersamaan untuk melestarikan seni budaya daerah.

Terlebih, Alun-alun Brebes sudah menjadi ruang terbuka publik yang bisa dimanfaatkan sebagai spot pentas seni budaya bagi masyarakat secara gratis.

Kategori :