Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Mengatasinya

Minggu 25-08-2024,20:15 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - M erek m esin cuci terbaik merupakan salah satu perangkat di rumah tangga yang berperan sangat penting  untuk keperluan membersihkan pakaian sehari-hari .

Dengan kemampuan  merek mesin cuci terbaik  untuk mencuci pakaian dengan efisien, mesin cuci sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan   dari kehidupan kita sehari-hari.

Tetapi , tidak jarang pengguna  merek  mesin cuci terbaik menghadapi masalah pada mesin cuci seperti bau t id ak sedap yang asalnya dari perangkat ini.

Sehingga, kamu harus tahu beberapa hal yang jadi  penyebab utama merek mesin cuci terbaik bau dan cara yang bisa kamu lakukan untuk masalah tersebut.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaikmu Sudah Konslet, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Kotoran

Berikut ini hal yang menyebabkan m esin c uci ba u  :

1 . Filter dan Saluran Air Tersumbat

Filter pada mesin cuci dan saluran air yang tersumbat bisa membuat aliran air jadi terhambat dan menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran.

Hal itu tidak hanya mengakibatkan mesin cuci jadi bekerja kurang efisien, tapi juga bisa menyebabkan munculnya bau tidak sedap.

2 . Penumpukan Kotoran dan Sisa Deterjen

P enumpukan kotoran, sisa deterjen, dan pelembut pakaian   ini bisa menempel pada drum  mesin cuci , pintu, dan pada bagian  yang  lain dari mesin cuci, yang pada akhirnya akan menjadi tempat untuk berkembang biaknya jamur  dan bakteri .

3 . Tidak Menggunakan Air Panas Secara Berkala

Mencuci menggunakan air dingin memang akan lebih hemat energi, tetapi hal ini juga dapat membuat jamur dan bakteri akan lebih sulit dibersihkan.

Pemakaian air panas secara berkala bisa membantu membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan munculnya bau  pada mesin cuci .

BACA JUGA : Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berjalan Sendiri

4 . Penggunaan Deterjen Berlebihan

Memakai detergen terlalu banyak tidak hanya tidak dibutuhkan tapi juga bisa meninggalkan residu lebih banyak dalam mesin cuci.   Residual deterjen tersebut bisa menyebabkan penumpukan yang akhirnya  akan  menjadi sumber bau.

5 . Kelembaban Berlebih

Mesin cuci merupakan lingkungan yang kondisinya lembap, terutama bila pintu  mesin cuci  sering tertutup sesudah penggunaan.   Kelembaban yang berlebih ini akan menciptakan kondisi lingkungan yang ideal untuk bakteri dan jamur  tumbuh , yang bisa mengakibatkan bau tidak sedap.

Berikut c ara m engatasi b au pada merek m esin c uci  terbaik :

1. Membersihkan Drum dan Pintu

Bersihkan dalam drum dan pintu mesin cuci dengan teratur.  Kamu dapat memakai campuran air dan cuka atau pun  larutan pembersih khusus  untuk  mesin cuci untuk membersihkan  pada  bagian ini.   Jangan lupa be rsihkan  juga  karet penutup pintu yang sering jadi tempat kotoran  menumpuk .

2. Menjaga Pintu Mesin Cuci Terbuka

Setelah proses mencuci selesai, pintu mesin cuci biarkan terbuka untuk membuat sirkulasi udara.   Hal itu akan membantu mengurangi kelembaban yang ada dalam mesin cuci dan mencegah terjadinya pertumbuhan jamur  dan bakteri .

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Tikus, Begini Cara Menghilangkan Baunya

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berhenti Berputar

3. Menggunakan Deterjen Secukupnya

Pakai deterjen sesuai petunjuk yang ada di kemasan . Pemakaian deterjen yang tepat bisa mengurangi penumpukan residu di mesin cuci.

4. Membersihkan Filter dan Saluran Air

Bersihkan filter  pada  mesin cuci dan pastikan keadaan saluran air nya tidak tersumbat.   Lakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan kalau tidak terdapat kotoran yang membuat aliran air nya jadi terhambat .

5. Melakukan Pencucian dengan Air Panas

L akukan pencucian secara berkala dengan air panas dan tambah cuka putih atau pun  baking soda guna membersihkan mesin cuci.  Hal itu bisa membantu membunuh jamur dan bakteri yang tumbuh dalam mesin cuci.

6. Menggunakan Produk Pembersih Mesin Cuci

Ada berbagai jenis produk pembersih khusus mesin cuci  yang dijual  di pasaran yang dibuat khusus guna membersihkan mesin cuci dan menghilangkan bau pada mesin cuci.  Pakailah produk ini sesuai petunjuk untuk hasil optimal.

BACA JUGA : Mencuci Sambil Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik, Simak Penjelasannya Disini

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek mesin cuci terbaik yang bau. Semoga bermanfaat.

Kategori :