Tips Dan Trik Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah Dan Efektif

Rabu 21-08-2024,18:26 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik wajib kamu bersihkan dengan rutin. Meski mesin cuci sudah terlihat bersih, namun sebenarnya terdapat banyak kotoran yang tidak tampak di dalamnya.

Apabila tidak segera kamu bersihkan, maka kotoran tersebut akan menyebabkan merek mesin cuci terbaik jadi cepat rusak dan hasil cucian jadi kurang maksimal.

Maka, penting bagi kamu untuk tahu mengenai cara membersihkan merek mesin cuci terbaik yang dapat kamu lakukan dengan praktis tanpa harus repot-repot membongkarnya.

Dengan melakukan perawatan dan pembersihan pada merek mesin cuci terbaikmu, akan membuat kinerja mesin cuci jadi lebih optimal dan hasil cucian bisa maksimal.

BACA JUGA : Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Paling Awet

Cara Membersihkan Mesin Cuci menggunakan Konsentrat

Kamu bisa memanfaatkan konsentrat atau pembersih khusus mesin cuci yang bisa bekerja secara  khusus untuk melarutkan residu yang ada di dalam tabung mesin cuci.

Kamu dapat melakukan langkah ini dengan cara merendam konsentrat dalam mesin cuci yang sudah diisi dengan air sampai batas yang paling tinggi.

Setelah itu, nyalakan mesin cuci selama sekitar 10 menit. Ketika proses ini, air yang ada di dalamnya biasanya akan berubah jadi keruh. Lalu, diamkan selama sekitar 3 jam sampai kotoran yang menempel di tabung mesin cuci jadi rontok.

Setelah itu, buang air yang kotor tersebut. Kemudian bilas tabung beberapa kali sampai bersih dan mesin cuci kamu sudah siap kamu digunakan kembali.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Dari Kotoran

BACA JUGA : Tabung Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Menghilangkannya

Cara Membersihkan Mesin Cuci menggunakan Soda Kue dan Cuka

Apabila tidak mempunyai konsentrat, kamu juga dapat membersihkan mesin cuci dengan menggunakan baking soda atau soda kue dan cuka. Mesin cuci yang sudah diisi dengan air yang hangat terlebih dahulu dinyalakan. Lalu, ulangi proses pencucian menggunakan air yang panas untuk kedua kalinya.

Saat mesin cuci sudah mulai berguncang, kamu bisa tambahkan 750 ml cuka dan 60 gram soda kue, Kemudian biarkan larutan tersebut teraduk dalam waktu selama 30 detik. Kemudian, mesin cuci dimatikan dan biarkan selama 1 jam.

Apabila dinding tabung mesin cuci telah terendam seluruhnya, hidupkan mesin cuci kembali dan program pencucian diselesaikan. Terakhir, kamu juga dapat membuang air yang ada di dalam mesin cuci dan bilas beberapa kali dengan air yang bersih.

Cara Membersihkan Mesin Cuci di Bagian Tabung menggunakan Kain Lap

Pertama pastikan mesin cuci kamu kondisinya mati dan lap pada bagian tabung dengan menggunakan kain yang sudah direndam di dalam campuran cuka dan air panas dengan komposisi yang setara.

Setelah itu, kamu dapat mengelap semua bagian mesin cuci termasuk juga di bagian langit-langit tabung sampai bersih. Cara ini termasuk cara yang sederhana, namun hasilnya tidak kalah efektif dengan beberapa cara sebelumnya.

BACA JUGA : Tips Menghemat Daya Listrik Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Membersihkan Body Merek Mesin Cuci Terbaik Yang kusam Dengan Bahan Alami

Tips Penempatan Mesin Cuci

Supaya merek mesin cuci terbaik kamu awet, kamu tidak hanya harus melakukan pembersihan mesin cuci dengan rutin, tetapi juga kamu harus menempatkan mesin cuci dengan tepat. Sebaiknya, kamu tempatkan mesin cuci pada area yang bebas dari lembap dan pastikan diletakkan di lantai yang datar.

Kamu juga harus pastikan supaya ventilasi mesin cuci tidak tertutup supaya suhunya bisa tetap stabil saat digunakan. Selain itu, jangan sampai mesin cuci terkena paparan sinar matahari secara langsung dan jangan meletakkan  mesin cuci terlalu rapat dengan dinding.

Tips Perawatan Mesin Cuci

Membersihkan mesin cuci bisa kamu lakukan setiap kali selesai memakainya. Cara ini juga termasuk untuk perawatan mesin cuci. Setelah mesin cuci selesai digunakan, sebaiknya kamu selalu bersihkan mesin cuci dari sisa-sisa pelembut, detergen, dan pemutih.

Di bagian yang dialiri dengan air, harus diersihkan secara berkala agar terhindari dari lumut. Setiap selesai dipakai, pastikan kamu selalu mencabut kabel mesin cuci dari stop kontak supaya pemakaiannya bisa lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan mudah dan efektif. Semoga bermanfaat.

Kategori :