Wisata Terbaru 2024 Puri Mataram Sleman, Objek Wisata Murah Meriah Bersama Keluarga

Senin 19-08-2024,13:54 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

diswyajogja.com – Destinasi wisata terbaru 2024 Taman Puri Mataram merupakan salah satu objek wisata alam yang baru dan berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tidak hanya menyuguhkan wisata alam saja, tetapi wisata terbaru 2024 yang satu ini juga dikombinasikan dengan budaya lokal khas Jawa. Dengan begitu, pengunjung akan merasakan sensasi tradisional yang kental.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai objek wisata terbaru 2024 Puri Mataram yang ada di Kabupaten Sleman, yuk ulasannya yang ada di bawah ini.

1. Daya Tarik Puri Mataram

Destinasi wisata terbaru 2024 Puri Mataram memiliki daya tarik yang mampu mendatangkan wisatawan ke kawasan wisata yang satu ini. Beberapa daya tarik tersebut diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA : Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 Glamping Sleman, Info Lokasi dan Harga

BACA JUGA : Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Kulineran Sleman, Rela Antri Demi Hidangan Lezat

Taman Alam dengan Budaya Lokal

Puri Mataram mengusung konsep alam tanpa mengesampingan budaya lokal Mataram yang dianut oleh masyarakat setempat. Hal ini bisa pengunjung lihat dari desain bangunannya yang khas akan budaya tersebut.

Dengan begitu, wisatawan yang datang ke sini akan merasakan secara langsung bagaimana suasana kerajaan Mataram yang ada di kawasan ini.

Restoran Joglo

Daya tarik lainnya yang ada di objek wisata ini adalah kuliner tradisional yang ditawarkan oleh Restoran Joglo. Restoran ini merupakan bangunan utama yang akan ditemukan pengunjung di tempat wisata ini.

Beberapa sajian kuliner tradisional yang ditawarkan, diantaranya tempe bacem, sayur lodeh, tahu bacem, mangut lele dan menu lainnya. Sementara harga untuk satu porsi menu mulai dari Rp 8.000-Rp 15.000.

Jajanan Pasar Ndelik

Pasar Ndelik Puri Mataram ini cukup unik, karena hanya buka ketika hari Minggu dan hari libur nasional. Ndelik memilii arti tersembunyi, dimana desain pasar ini tertutup oleh pohon dan berada di gubuk yang kecil.

BACA JUGA : Destinasi Wisata Terbaru 2024 Populer Sleman, Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Jogja

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Gratis dengan Pemandangan Asri di Sleman Jogjakarta

Jajanan pasar yang bisa dinikmati di sini, seperti pisang goreng, cenil,   klepon, pecel, jenang dan yang lainnya. Untuk membeli jajanan tersebut, pengunjung harus menggunakan pandel untuk membayarnya.

Pandel merupakan uang kayu sebagai alat tukar di pasar ini, dimana satu pandel memiliki nilai Rp 1.000, ditukarkan terlebih dahulu sebelum masuk ke Pasar Ndelik.

Bermain Sepeda Air

Restoran Joglo yang ada di kawasan wisata terbaru 2024 berdekatan dengan kolam, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bermain sepeda air atau becak air dengan berbagai bentuk.

Bermain Bersama Kelinci

Bagi yang suka kelinci juga sangat tepat berkunjung ke Puri Mataram sebab di sini pengunjung dapat bermain bersama kelinci. Dengan begitu, pengunjung yang datang ke Puri Mataram bisa sambil wisata edukasi.

Untuk bisa bermain bersama kelinci, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 lengkap dengan makanan kelinci yang masih terbungkus plastik.

2. Fasilitas 

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas tersebut diantaranya gazebo, toilet, lahan parkir, wahana permainan dan restoran.

3. Lokasi dan Jam Operasional Puri Mataram

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata terbaru 2024 Puri Mataram bisa ke Kabupaten Sleman, tepatnya di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman.

Sementara untuk jam operasional kawasan wisata ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00- 21.00 WIB. Bagi yang ingin menikmati sajian dari Restoran Joglo buka dari pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Namun, jika Anda ingin berkunjung ke Pasar Ndelik, bisa datang ke Puri Mataram pada hari Minggu mulai pukul 07.00 WIB.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Sindu Kusuma Edupark Sleman, Rekomendasi Tepat Libur Lebaran Simak Lokasi dan HTM-nya

BACA JUGA : Menilik Keindahan Merapi dan Sekitarnya, 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Alam di Sleman Lengkap Dengan HTM

4. HTM Puri Mataram

Bagi Anda yang ingin mengunjung Puri Mataram tidak akan dikenai tiket masuk alias gratis. Tetapi jika ingin mencoba wahan yang ada di sini harus membayar mulai dari Rp 10.000

Demikian informasi mengenai objek wisata terbaru 2024 Puri Mataram yang ada di Kabupaten Sleman. Selamat berkunjung!.

Kategori :