Cara Mencuci Bantal di Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Sabtu 17-08-2024,20:25 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Bantal harus dicuci dengan rutin supaya kebersihannya tetap terjaga. Kamu harus paham cara mencuci bantal di merek mesin cuci terbaik dengan benar sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah.

C ara men cuci bantal dengan  merek  mesin cuci terbaik sebenarnya sangat mudah dan tidak jauh beda dengan proses mencuci baju .  B antal perlu dicuc i secara rutin agar selalu bersih.

Alangkah baiknya kamu  mencuci bantal  dengan merek mesin cuci terbaik minimal sebanyak 4 kali  dalam  s atu t ahun atau bisa lebih sering lagi jika bantal kamu sudah tampak kotor.

Berbagai jenis material bantal seperti serat sintetis,   kapas,   kapuk, dan bulu angsa dapat dicuci di merek mesin cuci  terbaik .

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Laundry Pemula

BACA JUGA : Tips Mencuci Tas pada Merek Mesin Cuci Terbaik

Proses pencucian bantal lebih baik dilakukan dengan mode lembut dan memakai air hangat agar bantal bisa bersih  dengan  maksimal tanpa membuat teksturnya  rusak .  Kamu  hanya perlu siapkan sepertiga takaran detergen untuk membersihkan bantal hingga tuntas.

Sebelum kamu melakukan cara mencuci bantal di merek mesin cuci  terbaik , kamu harus perhatikan label petunjuk perawatan yang ada di bantal.

Hal itu karena sebagian material dari bantal lainnya seperti memory foam  dan lateks tidak dapat dicuci menggunakan merek mesin cuci  terbaik .

Proses pembersihan kedua material tersebut lebih baik dilakukan dengan teknik kering atau mengandalkan vacuum cleaner atau mengelapnya menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam larutan air sabun  yang  ringan.

BACA JUGA : Cara Memasang Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Sendiri

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik Sesuai Jenisnya

Berikut ini c ara men cuci bantal  di   dalam mesin cuci dengan benar :

1.  Lepas sarung bantal dari bantal nya . Cara  ini harus  tetap  dilakukan walaupun kamu  ingin mencuci sarung bantal dan bantalnya secara sama-sama . Karena sarung bantal akan membuat proses pencucian jadi terhambat sehingga membuat bantal  jadi  kurang bersih.

2.  Masukkan 1/3 takaran detergen dari takaran detergen normal yang biasa kamu gunakan ketika kamu mencuci pakaian. Apabila memungkinkan, pakai detergen cair yang bisa membersihkan dengan efektif tanpa meninggalkan residu di permukaan bantal.

3.  Pilih proses pencucian  yang  lembut dan pemakaian air nya yang  hangat  jika ada.  Air hangat akan sangat ampuh untuk membersihkan bantal sampai pada bagian yang paling dalam.

4.   Jika bantal kondisinya sangat kotor dan air dari hasil bilasannya masih keruh,  maka  sebaiknya kamu mengulangi pencucian sekali lagi dengan siklus lembut. Pencucian ulang tersebut sangat penting dilakukan untuk menyingkirkan kotoran yang ada di bantal dengan maksimal.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Untuk Hasil Maksimal

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak, Berikut Tips Merawatnya Agar Awet

5.   Apabila memungkinkan, pilih lah  siklus pembilasan kedua untuk memastikan kalau bantal kamu sudah benar-benar bersih dari sisa -sisa  sabun. Tetapi , kamu bisa menunggu sampai proses pencucian bantal selesai sebelum kamu mengulangi pembilasan jika mesin cuci kamu tidak dilengkapi dengan fitur pembilasan kedua.

6.   B antal dikeringkan sampai keadaannya jadi lembap tanpa adanya tetesan air.

7.   Jika bantal telah benar-benar kering, kamu dapat menepuk-nepuknya supaya teksturnya bisa kembali seperti semula kemudian menjemurnya pada tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari akan mengeringkan bantal sekaligus bisa membuat  bantal  jadi higienis.

Berikut b eberapa tanda yang menunjukkan kalau bantal kamu harus segera diganti :

1.   B antal sudah sangat tampak kusam dan dipenuhi dengan noda.

2. Bantal menimbulkan bau yang aneh meski  telah dicuci hingga benar-benar bersih.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

3.  Elastisitas  bantal menurun secara drastis sehingga membuat bentuk  bantal  tidak dapat kembali saat ditekuk.

4.  Tekstur dari bantal sudah sangat kempes dan sudah tipis.

5.   Kamu sering mengalami gangguan kesehatan saat memakai bantal tersebut, misal   sakit kepala, bangun tidur dengan  kondisi  leher yang kaku, bersin -bersin  dan hidung tersumbat.

Pemakaian bantal dalam waktu yang terlalu lama dan jarang sekali kamu cuci akan jadi sarang tungau debu dan tempat untuk jamur  berkembangbiak . Itulah kenapa pemakaian bantal yang sudah kotor dapat memicu berbagai macam gangguan pada kesehatan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekan untuk mencuci bantal di dalam merek mesin cuci terbaik agar kondisi bantal selalu bersih. Semoga bermanfaat.

Kategori :