Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Masih Baru Langsung Dipakai, Simak Jawabannya

Jumat 16-08-2024,18:13 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Apabila kamu berkesempatan mempunyai merek mesin cuci terbaik baru  pasti rasanya sangat senang .  Sehingga kamu tidak sabar ingin segera menggunakannya.

Namun, b erbagai masalah yang sudah terjadi pada merek mesin cuci terbaik yang sudah lama tentu t id ak ingin terulang kembali di mesin cuci yang baru.

Kesenangan dalam memiliki merek mesin cuci terbaik yang baru juga harus diimbangi dengan pemakaian dan perawatan yang optimal.

Selain memilih merek mesin cuci terbaik sesuai dengan kebutuhan, kamu harus tahu terlebih dahulu sebelum kamu  menggunakannya , apakah mesin cuci baru bisa langsung digunakan atau tidak.

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Terbaik, Hemat Dan Awet

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik Sesuai Jenisnya

Kamu harus  lakukan proses instalasi dengan teliti saat membeli mesin cuci baru dengan beberapa langkah ini   :

1.  Lepas baut atau penjepit plastik yang terdapat di belakang bodi mesin cuci

M esin cuci yang masih baru pasti akan ter bungkus oleh plastik guna mengurangi terjadinya goresan atau pun  benturan. Terdapat bungkusan mesin cuci yang dipasang menggunakan baut atau penjepit agar tidak gampang lepas, namun ada juga yang tidak.

Kamu harus mengecek bagian belakang mesin cuci secara teliti jika plastik pembungkusnya tidak bisa dilepas secara mudah. Lepas baut atau penjepit plastik secara hati-hati kemudian letakkan kembali dalam dus karena kemungkinan besar kamu akan memerlukannya saat pindah rumah.

2.  S elang yang masih nempel pada mesin cuci  dilepas dulu

L epas selang yang menempel di mesin cuci. S elang tersebut umumnya akan dipasang dengan baut atau penjepit (ratcher) agar melekat  dengan  kuat pada bodi mesin cuci.   Lepas   selang dengan perlahan-lahan aagar selang dapat langsung dipakai saat mesin cuci beroperasi.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak, Berikut Tips Merawatnya Agar Awet

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik LG

3. Pasang komponen pelengkap lainnya di mesin cuci

Masing-masing produk mesin cuci mempunyai karakteristik yang berbeda. Terdapat sebagian kecil dari komponen mesin cuci yang terpisah, sehingga kamu perlu memasangnya terlebih dahulu saat mesin cuci tiba di rumah.

Jadi, kamu harus teliti mencermati keberadaan dari berbagai komponen lalu segera lakukan proses pemasangan sebelum kamu mulai mengoperasikan mesin cuci.

4.  Sambungkan mesin cuci ke sumber listrk dan sumber air

Apabila seluruh komponen  mesin cuci   telah dip asang dengan sempurna, maka selanjutnya yaitu hubungkan mesin cuci ke sumber  air  dan sumber listrik .

Apabila kamu  beli mesin cuci 1 tabung, pasang selang airnya pada sumber air khusus yang sudah disediakan untuk mesin cuci.

Sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung hanya disambungkan pada keran memakai selang biasa. Jangan lupa m asukkan kabel mesin cuci pada stopkontak sebelum kamu menghidupkannya.

5.  Pakai mesin cuci dalam keadaan  yang  kosong

Hal ini dilakukan  bertujuan mengecek kinerja dari mesin cuci sekaligus membilas di dalam  mesin cuci  sebelum mesin cuci digunakan.

Amati tiap fitur yang ada di mesin cuci dan lakukan per coba an   agar kamu cepat mahir dalam menggunakan mesin cuci .

Kamu j angan ragu untuk memakai fitur pemanas air  jika ada agar kamu tahu suhu air yang nantinya bisa digunakan untuk membersihkan pakaian.

Kamu juga dapat membaca buku manual apabila ada hal-hal  yang  terkait dengan pemakaian mesin cuci yang belum kamu pahami.

6.  Daftarkan garansi resmi mesin cuci

G erai resmi biasanya akan membantu kamu dalam mendaftarkan garansi sejak saat proses pembelian mesin cuci berlangsung. Tetapi , ada juga gerai yang tidak memfasilitasi hal itu .

Coba  kamu amati ketentuan garansi resmi mesin cuci dan lakukan pendaftaran  dengan segera  untuk memastikan bahwa alat elektronik kamu mendapatkan jaminan proteksi tersebut.  Jika semua tahapan tersebut telah kamu lakukan, maka merek mesin cuci terbaik baru kamu segera siap untuk digunakan.

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : 5 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Awet Dan Berkualitas

Berikut c ara m erawat m esin c uci b aru  agar tida k cepat rusak  :

1.  B ersihkan mesin cuci dengan rutin

M esin cuci 1 tabung saat ini sudah berteknologi modern yang dilengkapi dengan fitur pencucian otomatis yang wajib kamu pakai minimal 1 bulan sekali.

Jika mesin cuci kamu tidak punya fitur tersebut, maka usahakan kamu tetap   bersihkan bagian dalamnya dengan jarak waktu yang sama.

Cek juga bagian filter dan ventilasi serat pengeringnya agar dapat segera menyingkirkan kotoran yang menumpun yang bisa mengganggu siklus pencucian.

2.  Angkat pakaian yang telah dicuci

Janga n kamu biarkan pakaian basah terlalu lama berada di dalam mesin cuci karena hal itu akan memicu munculnya bakteri dan jamur. Usahakan kamu segera mengangkat pakaian yang telah bersih tiap kali satu siklus pencucian selesai .

3.  Gunakan detergen khusus mesin cuci

Sebaiknya kamu  senantiasa gunakan detergen khusus untuk mesin cuci yang diformulasikan dengan kandungan yang minim busa sehingga mesin cuci kamu tidak rentan rusak . Penggunaan detergen mesin cuci akan membuat pakaian kamu jadi bersih dengan maksimal dan mesin cuci juga akan tetap awet.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Mampet

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Keliru Ketika Mencuci Pakaian pada Merek Mesin Cuci Terbaik

4.  Cek saku pakaian secara teliti sebelum mencuci

Keberadaan benda  seperti koin, permen karet, benda tajam, dan kunci logam yang kerap terbawa dan ikut tercuci di mesin  bisa berisiko merusak bagian dalam mesin cuci karena tekstur  benda tersebut  yang esktra keras.  

5.  C ermati bahan pakaian yan g tidak boleh  dan boleh untuk  dicuci dalam mesin  cuci

B ahan yang harus dicuci manual yaitu bahan karet atau kain yang penuh dengan bulu binatang. M esin cuci model 1 tabung  akan menghasilkan uap panas yang dapat  berisiko membuat karet jadi meleleh. Se dangkan , bulu-bulu binatang yang menempel di kain dapat tersangkut pada filter dan membuat mesin cuci jadi gagal berputar dengan sempurna.

Itulah penjelasan tentang penggunaan merek mesin cuci terbaik yang baru saja dibeli dan tips yang bisa kamu lakukan dalam merawat mesin cuci agar awet dan optimal. Semoga bermanfaat.

Kategori :