Pecinta Seni Wajib Datang, Spot Wisata Terbaru 2024 Kesenian Jogja, Berikut Rekomendasinya

Rabu 14-08-2024,18:37 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Setiap orang yang berlibur ke tempat wisata terbaru 2024 di Jogja pasti akan jatuh cinta dengan suasana yang ditawarkan. Kota yang jadi gudangnya para seniman ini punya daya tarik sendiri untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Buat para pencinta seni, kota ini menawarkan berbagai tempat wisata terbaru 2024 berbagai kesenian. Geliat komunitas seni lintas disiplin yang ada di kota Jogja tumbuh dengan subur.

Tidak heran jika Jogja tidak pernah sepi dari berbagai pameran seni, pemutaran dan festival film. Bagi kalian pecinta seni, simak daftar destinasi wisata terbaru 2024 seni yang bisa dikunjungi ketika liburan di Jogja!

BACA JUGA : Pilihan Destinasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Jogja, Cocok Untuk Healing

Bentara Budaya Yogyakarta

Destinasi tempat wisata terbaru 2024 kesenian pertama di kota ini adalah Bentara Budaya Yogyakarta. Bangunan yang diresmikan pada tahun 1982 ini sering dipakai untuk kegiatan kesenian dan kebudayaan yang berbeda setiap bulannya.

Mulai dari pameran lukisan, festival bermain anak, festival film dan sastra, hingga ke pameran arsip serta pertunjukan teater. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beragam koleksi barang seni dua dimensi dan tiga dimensi yang tersimpan di sini.

Bentara Budaya Yogyakarta buka dari Senin sampai Jumat pukul 10.00-16.00 WIB. Jangan khawatir, lokasinya yang berada di tengah kota akan mempermudah akses transportasimu ke sana.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Pantai Kesirat: Panorama Sunset dan Spot Camping Favorit Jogja

Sangkring Art Space

Destinasi wisata kesenian selanjutnya yang ada di Jogja yaitu Sangkring Art Space. Bangunan galeri yang satu ini mirip seperti hanggar pesawat yang cukup luas dengan berbagai fasilitas, diantaranya ruang pameran, studio musik, perpustakaan mini, art shop, hingga kedai kopi.

Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk art gallery date bersama pasangan Anda. Sangkring Art Space sendiri buka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 11.00-17.00 WIB. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Jogja National Museum

Rekomendasi wisata terbaru 2024 berikutnya yaitu Jogja National Museum. Meskipun namanya museum, tempat ini tidak menyimpan benda-benda bersejarah, namun justru memamerkan beragam karya seni kontemporer.

Jogja National Museum sendiri berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektare dan menjadi tempat para seniman mudah untuk memamerkan berbagai karya mulai dari lukisan, pahatan, hingga instalasi seni.

BACA JUGA : Destinasi Wisata Terbaru 2024 Populer Sleman, Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Jogja

Beberapa karya seni tersebut dipamerakn di beberapa ruang yang berbeda, diantaranya Ruang Patung, Ruang Kriya. Selain itu, museum ini juga memiliki Gallery For Citizens, yang ditujukan untuk para seniman pemula menggelar pameran gratis.

Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-16.30 WIB. Namun, watu terbaik untuk untuk berkunjung ke Jogja National Museum adalah ketika ada event pameran, seperti ARTJOG.

Museum Batik Yogyakarta

Pilihan tempat wisata terbariu 2024 kesenin Jogja lainnya adalah Museum Batik Yogyakarta. Museum yang satu ini dikelola oleh keluarga Hadi Nugroho, yang berada di Jl. Dr. Sutomo.

Museum ini menyimpan berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Batik Yogyakarta, Indramayu, sampai daerah-daerah pengrajin batik Indonesia lainnya.

BACA JUGA : Liburan Sambil Menambah Wawasan, Simak Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta

Koleksi batik di museum ini pun beragam, meliputi kain panjang, sarung dan sebagainya yang hingga kini telah mencapai jumlah 400 lembar kain ditambah beberapa peralatan membatik. Bahkan tempat ini juga masih menyimpan koleksi tertuanya adalah batik karya tahun 1700-an

Museum Batik Yogyakarta buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp30.000. Di sini juga tersedia workshop membatik yang dibanderol Rp90.000/orang.

Sendratari Ramayana, Candi Prambanan

Bagi Anda pecinta seni tari dan pertunjukan, maka wajib datang nonton Sendratari Ramayana di kawasan Candi Prambanan. Sendratari ini sudah dipentaskan sejak tahun 1961, menggabungkan tari dan drama tanpa dialog yang diangkat dari cerita Ramayana.

BACA JUGA : Habiskan Libur Akhir Pekanmu ke Wisata Terbaru 2024 Terhits Kota Gudeg Yogyakarta

Cerita Ramayana yang diadaptasi dengan budaya Jawa membuat sendratari ini menjadi tarian yang unik, apalagi didukung oleh kemegahan relief Candi Siwa sebagai latar belakangnya.

Setiap pertujukan sendratari ini melibatkan 200 penari professional dan musisi lokal. Sendratari Ramayana Prambanan biasa digelar tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan format pementasan di panggung terbuka hanya pada bulan Mei-Oktober.

Untuk menonton sendratari ini, wisatawan bisa membeli tiket dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 50.000/orang. Sedangkan untuk rombongan sekolah dengan minimal 30 orang sampai Rp 450.000 untuk kelas VIP.

Itulah sederet tempat wisata terbaru 2024 yang menawarkan berbagai kesenian yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur di Jogja. (*)

Kategori :