Merek Kulkas Terbaik Berteknologi IoT, Simak Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Kulkas Biasa

Selasa 13-08-2024,09:03 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Dari segi tampilan, kulkas pintar dilengkapi dengan layar sentuh yang berada di bagian pintu. Layar sentuh tersebut berfungsi untuk melihat informasi dalam kulkas.

BACA JUGA : Mengenal Beberapa Jenis Merek Kulkas Terbaik, Simak Sebelum Membeli

Contohnya seperti suhu dan kelembaban ruangan, ketersediaan produk dalam kulkas, daftar belanjaan yang harus dibeli, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, kulkas biasa tidak memiliki layar sentuh. Dengan kata lain, pemeriksaan suhu dan kelembaban ruangan serta pengecekan ketersediaan produk harus dilakukan secara manual.

2. Fitur yang Tersedia

Salah satu tips memilih dan membeli kulkas adalah memperhatikan fitur yang tersedia. Fitur menjadi aspek pembeda utama mengenai fungsi sebuah kulkas biasa dan kulkas pintar.

Fitur pada merek kulkas terbaik jenis biasa umumnya tidak banyak dan hanya berpusat pada kecanggihan kompresor dan pengatur suhu ruangan.

3. Pengaturan Suhu Kulkas

Kulkas biasa tidak menawarkan pengaturan suhu otomatis. Jadi, Kamu perlu mengatur dan mengeceknya secara berkala agar suhu dan kelembaban ruangan tetap terjaga.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu: Komponen Penting, Cara Kerja dan Kelebihannya

Sementara itu, kulkas pintar memiliki sistem pengatur suhu dan kelembaban otomatis guna menjaga kesegaran produk di dalamnya. 

Hampir sama dengan kulkas inverter, kompresor pada kulkas inverter memungkinkan suhu ruangan dalam kulkas tetap stabil. 

Hal ini disebabkan karena fungsi inverter pada kulkas tersebutlah yang menjadikan kompresor tetap aktif.

4. Kepekaan Sensor

Pada kulkas biasa, sensor lampu dalam kulkas biasanya akan mati dan menyala secara otomatis. Jika pintu dibuka, lampu akan menyala dan begitu pun sebaliknya.

BACA JUGA : Fungsi 4 Bagian Utama Merek Kulkas Terbaik, Apa Saja Itu? Simak Selengkapnya

Kategori :