8 Penyebab Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah, Begini Solusinya

Senin 12-08-2024,10:02 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pemakaian merek mesin cuc i terbaik menjadi solusi terbaik yang memudahkan kegiatan di dalam rumah tangga,  karena kamu tidak perlu keluar banyak tenaga untuk mencuci pakaian.

Maka dari itu , merek mesin cuci terbaik harus dirawat dengan telaten supaya fungsinya tetap normal. P roses mencuci  di mesin cuci jadi   terhambat salah satunya karena putaran mesin cuci  yang  lemah.

Jangan kamu anggap remeh masalah ini  karena hal tersebut merupakan gejala dari kerusakan yang lebih parah. Sementara itu , merek mesin cuci terbaik yang putarannya lemah  akan  membuat proses pe mbersihan baju  dalam mesin cuci  jadi kurang maksimal.

P utaran mesin cuci yang kondisinya lemah akan membuat berlangsungnya proses pencucian kurang maksimal. Karena , rotasi merek mesin cuci terbaik yang kuat diperlukan untuk membersihkan pakaian yang kotor secara keseluruhan .   Mesin cuci  yang  putarannya  lemah   akan menghambat proses tersebut.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

Selain itu, kemungkinan besar kamu perlu  waktu mencuci yang lebih lama dari biasanya jika ingin memperoleh hasil maksimal. Apabila putaran merek mesin cuci terbaikmu lemah akibat dari kerusakan komponen tertentu, kamu harus segera mengatasinya agar tidak mengakibatkan gangguan lebih parah.

Berikut p enyebab p utaran m esin c uci l emah  :

1 . Motor dinamo lemah

Biasanya   motor dinamo yang lemah ditandai adanya dengung yang sangat kuat, lalu diikuti dengan lemahnya putaran di mesin cuci.

2 . Kelebihan muatan

Muatan yang berlebihan akan membuat motor dinamo pada mesin cuci harus bekerj a dengan   sangat keras untuk menggerakan drum mesin cuci ,  sehingga membuat putaran  meisn cuci melemah. Kebiasaan mencuci pakaian yang melebihi kapasitas dari mesin cuci tidak boleh kamu biarkan secara terus   menerus karena akan berisiko membuat mesin cuci  jadi rusak .

3 . Rem   pengering terlalu rapat

Mesin cuci 2 tabung mempunyai komponen rem yang fungsinya sebagai penahan putaran saat kamu membuka tabung pengering. R em yang posisinya sangat rapat dapat membuat putaran pada mesin cuci jadi lemah. Setelan rem perlu diatur  agar  tabung pengering dapat dibuka tutup dengan lancar tanpa membuat putarannya jadi lemah.

BACA JUGA : Cara Mencuci Baju Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

4 . Karet vanbelt usang dan longgar

Pemakaian mesin cuci dalam waktu bertahun-tahun bisa membuat karet vanbelt jadi usang dan longgar.

5 . Seal rusak

Komponen ini merupakan elemen penting yang ada   di  pengering mesin cuci model 2 tabung. Di b agian tengah seal yang sudah mulai bocor akan membuatnya rentan mengalami karat bahkan karatnya bisa menjalar sampai bagian a ta s tabung. Munculnya karat akan mengganggu rotasi tabung sehingga membuat putaran mesin cuci ikut melemah.

6 . Gearbox rusak

Gearbox merupakan komponen yang menghubungkan   drum mesin cuci  dengan motor dinamo. Kerusakan pada gearbox menyebabkan putaran mesin cuci  jadi  lemah sebab energi yang dihasilkan dinamo tidak bisa tersalurkan dengan maksimal ke drum mesin cuci.

7 . Kerusakan timer

K erusakan pada timer umumnya dikarenakan kabel  yang   kondisinya putus sampai mengganggu fungsi  dari  timer.

BACA JUGA : Cara Mencuci Boneka Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

8 . Kerusakan kapasitor

Kapasitor memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan arus listrik ke motor dinamo pada mesin cuci. Apabila kapasitor mengalami ke rusak an , maka akan membuat nilai muatan listrik yang ada di dalamnya jadi berkurang sehingga mengakibatkan mesin cuci  jadi  lemah putarannya.

Berikut c ara m engatasi m esin c uci  yang putarannya   l emah  :

1.  P astikan penggunaan mesin cuci tidak lebih dari kapasitasnya. U paya kan untuk memberi sisa minimal 20% ruang di dalam drum mesin cuci supaya semua pakaian bisa terendam air secara sempurna dan proses pencucian bisa berlangsung dengan lancar.  Jika kamu  ingin mencuci pakaian dalam jumlah  yang  banyak, pisah pakaian tersebut jadi beberapa bagian supaya dapat dicuci dengan bertahap.

2.   La kukan pengecekan komponen merek mesin cuci terbaik secara keseluruhan supaya dapat segera menemukan bagian yang sudah rusak . Hal itu harus dilakukan dengan sangat teliti sehingga tidak terdapat sumber kerusakan yang terlewat .

3.   G anti komponen mesin cuci yang  sudah  rusak dengan komponen  yang  baru agar mesin cuci bisa berfungsi kembali dengan baik . Beberapa komponen pada mesin mesin cuci yang rentan mengalami kerusakan se hingga membuat putara n mesin cuci  melemah, yaitu kapasitor, gear box,   timer, motor dinamo, vanbelt, dan seal.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Timer Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi putaran merek mesin cuci terbaik kamu yang melemah. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :