Puncak Suroloyo: Wisata Terbaru 2024 Menawarkan Keindahan Alam dan Budaya Kulon Progo

Jumat 09-08-2024,18:51 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Saat bertandang ke Jogja, wisatawan akan menemukan banyak tempat wisata terbaru 2024. Beberapa wisata di Jogja yang terkenal didominasi oleh wisata pantai dan kulinernya.

Padahal, di salah satu kabupetan Yogyakarta, Kulon Progo, memiliki tempat wisata terbaru 2024 dengan pemandangan yang indah bak kayangan di negeri dongeng.

Nama tempat wisata terbaru 2024 yang dimaksuda adalah Puncak Suroloyo, yang mempunyai daya tarik bagi para wisatawan. Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tempat ini juga ada kegiatan adat dan mitos yang menjadi magnet tersendiri.

BACA JUGA : 7 Wisata Terbaru 2024 Kulonprogo Yogyakarta? Sayang Untuk Dilewatkan, Ada Tiket Masuk Murah Mulai Rp 10 Ribuan

Penasaran seperti apa wisataterbaru 2024 Puncak Suroloyo? . Berikut ulasan lengkapnya mulai dari lokasi, jam operasional, harga, fasilitas, hingga mitos-mitosnya.

Daya Tarik Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo memiliki beberapa daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan lokal atau luar daerah ingin mengunjungi. Beberapa daya tarik diantaranya sebagai berikut:

1. Pemandangan Indah

Daya tarik paling utama Puncak Suroloyo adalah pemandangan yang menawan. Disini pengunjung bisa mikmati panorama sunrise dan sunset yang menawan dan membuat decak kagum.

Puncak Suroloyo menyuguhkan hamparan kebun teh yang luas dan super hijau yang mampu menyegarkan mata para pengunjung. Saat berada di puncak dan cuaca cerha, pengunjung bisa menyaksikan empat gunung sekaligus, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro

Bahkan, dri tempat ini bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur yang lokasinya cukup jauh dari Puncak Suroloyo. Untuk menyaksikan semua pemadangan yang ditawarkan, ada tiga garus pandang yang bisa digunakan, diantaranya Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran.

BACA JUGA : Pesona Wisata Terbaru 2024 Spot Sunrise Terbaik Indonesia, Salah Satunya di Kulon Progo

Wisata Seni Budaya

Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan tersebut, pengunjung yang datang ke tempat wisata terbaru 2024 yang satu ini bisa menyaksikan berbagai upacara adat dan pertunjukan kesenian.

Misalnya pada saat malam satu suro, akan digelar beberapa agenda, diantaranya  Tirakatan, Fragmentasi Suroloyo Wrehaspati, Pagelaran Wayang Kulit, Kirab Budaya, Penjamasan Pusaka, hingga Pentas Jathilan.

Nah, dengan mengunjungi Puncak Surologo, pengunjung tidak hanya menikmati panorama alamnya saja, tetapi juga belajar mengenai kebudayaan yang ada di sekitar lokasi wisata ini.

Tempat Mitos

Tempat wisata Puncak Suroloyo telah dipercaya sebagai kayangan para dewa. Bahkan, ada kisah yang menceritakan bahwa tempan ini merupakan lokasi bertapa Sultan Agung Hanyokrokusumo.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Menoreh Dreamland Kulon Progo, Jajal Tantangan Wahana Baru di Tengah Hutan Pinus

Beberapa tempat di sekeliling objek wisata ini juga disebut-sebut memiliki mitosnya sendiri. Berikut daftarnya:

Sendang Simbarjoyo, mitosnya sebagai mata air keramat warga Keceme karena merupakan sumber pengairan untuk sawah dan ladang masyarakat.

Pertapaan Mintorogo, memiliki mitors bahwa tempat ini merupakanJanaka mendapat senjata panahnya sekaligus tempat bertapa masyarakat untuk memohon ketenangan hati dan kedamaian di dunia.

Sendang Kadiwata, mitosnya sebagai tempat mandi para dewa.

Tegal Kepanasan, memiliki mitos sebagai tempat pemberhentian untuk menghadap dewa.

Enceh Suci, mitosnya sebagai temapt petilasan bekas masjid kuno.

Sendang Kawidodaren, memiliki cerita mitos sebagai tempat mandi para bidadari ketika turun ke bumi.

Gandik Aji, di tempat ini terdapat batu pemimpis jamu sekaligus tempat ziarah bagi para penduduk.

BACA JUGA : Hidden Gem Kulon Progo, Berikut Pesona Wisata Terbaru 2024 Curug Setawing

Fasilitas

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola tempat wisata terbaru 2024 Puncak Suroloyo telah menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari mushola, kamar mandi, pendopo untuk menyaksikan pemandangan, serta warung dan kios makanan dan minuman.

Lokasi

Puncak Suroloyo sendiri berada di ketinggian 1017 meter dan tepatnya terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Untuk mencapai ke lokasi wisata ini, wisatawan harus menempuh jaraksekitar 35 km dari Wates, atau 40-50 km dari kota Jogja. Sedangkan untuk mencapai puncaknya, wisatawan harus menaiki anak tangga dengan waktu sekitar 15 menit.

Perjalanan tersebut tidak akan sia-sia, karena saat berada di puncak rasa lelah akan terbayar lunas dengan pemandangan indah nan menawan yang mampu memanjakan mata.

BACA JUGA : Spot Keren View Alam, Simak Pesona Wisata Terbaru 2024 Alam Kalibiru Kulon Progo

HTM dan Jam Operasional

Wisatawan yang ingin datang ke Puncak Suroloyo, harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000

Puncak Urologo dibuka selama 24 jam penuh, namun untuk mendapatkan pemandangan yang indah harus dipertimbangkan waktunya. Untuk mendapatkan sunrise, harus berada di puncak sekitar pukul 05.30 WIB. Sementara untuk sunset, direkomendasikan datang pukul 17.00 WIB.

Demikian ulasan singkat mengenai wisata terbaru 2024 Puncak Suroloyo yang ada di Kulon Progo. Selamat berlibur! (*)

Kategori :