Bisakah Remote Merek AC Rusak atau Hilang Diganti Merek Lain, Begini Penjelasannya

Jumat 09-08-2024,18:43 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Remote kontrol merek AC terbaik merupakan salah satu barang paling penting untuk mengoperasikan unit AC. Biasanya remote AC sudah termasuk ke dalam paketan AC saat pengguna membelinya.

Namun, remote merek AC terbaik yang Anda miliki bisa saja mengalami kerusakan karena berbagai faktor, misalnya seperti jatuh atau terkena air. Selain mengalami kerusakan, remote AC Anda bisa saja hilang karena jatuh di tempat yang sulit dijangkau atu lupa diletakkan dimana.

Lalu, bagaimana jika remote merek AC terbaik sudah mengalami kerusakan atau hilang? Salah satu caranya hanya dengan mengganti remote AC tersebut dengan unit yang baru.

BACA JUGA : Ingin Merek AC Terbaikmu Dingin Maksimal Tapi Tetap Hemat, Lakukan Tips Berikut

Ada sebagian pengguna merek AC terbaik yang masih bertanya-tanya apakah remote AC yang rusak atau hilang tersebut bisa diganti dengan merek yang lain atau harus merek yang sama dengan unit AC?

Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas, yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Apakah Remote AC Bisa Diganti dengan Merek Lain?

Setiap merek AC biasanya telah dirancang khusus untuk kompatibilitas dengan model dan spesifikasi sesuai dengan unit pendingin ruangannya. Hal ini dikarenakan perbedaan dalam cara AC berkoumikasi dengan remote kontrolnya.

Misalnya saja kode inframerah yang biasa digunakan untuk mengontrol AC bisa berbeda antara merek yang satu dengan merek lainnya, meski jika dilihat secara fisik terlihat sama.

BACA JUGA : Remote Merek AC Terbaik Rusak atau Hilang, Cukup Pakai HP Xiaomi untuk Mengontrolnya

Akan tetapi, ada beberapa kasus ketika remote merek AC terbaik dari merek yang berbeda bisa saja kompatibel dengan merek lain. Hal ini berarti unit AC tersebut menggunakan standar umum dalam rancangannya.

Beberapa remote universal atau produk pengganti dari merek lain mungkin dapat berfungsi dengan unit AC. Namun demikian, syaratnya adalah remote tersebut memiliki protokol yang sama atau pengaturannya dapat diatur ulang oleh pemiliknya.

Untuk memastikan remote universal dapat berfungsi dengan unit AC, ada berapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA : 5 Manfaat Triple Air Flow Merek AC Terbaik, Efektif Dinginkan Ruangan secara Merata

Mengecek Informasi AC

Kategori :