Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Masih Baru

Rabu 07-08-2024,08:01 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum  menggunakan merek mesin cuci terbaik  yang baru  saja dibeli dari toko.

Karena dengan menerapkan cara menggunakan merek mesin cuci terbaik yang baru dengan tepat akan membuat alat elektronik tersebut jadi lebih tahan lama.

M erek m esin cuci terbaik dibutuhkan untuk memudahkan dalam pekerjaan rumah, khususnya untuk melakukan  pencucian baju.

Berbeda  dengan mencuci secara manual, merek mesin cuci terbaik akan lebih hemat tenaga, hemat waktu, dan kebersihannya juga bisa lebih optimal.

BACA JUGA : 4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

Beberapa hal yang perlu dip erhatikan s ebelum m enggunakan merek m esin c uci terbaik yang masih b aru  :

1.  Lakukan Pengecekan Fisik

P emeriksaan fisik mesin cuci perlu dilakukan gunanya untuk memastikan bodi mesin tidak lecet , serta untuk memastikan  proses instalasi dan pengiriman atau transportasi ke alamat tujuan tidak berpengaruh pada performa dari mesin cuci.

C ara cek performa  mesin cuci   salah satunya yaitu dengan menjalankan mesin cuci dalam keadaan yang kosong. Proses ini juga fungsinya untuk membersihkan mesin sebelum kamu menggunakannya.

Apabila kamu  menemukan baut-baut pengemasan pada  bodi mesin, lepas kan baut tersebut  terlebih dahulu supaya mesin cuci dapat digunakan.

Biasanya ada sekitar 3 sampai  4 baut di bagian belakang mesin yang ter pasang untuk memberikan keamanan  yang  ekstra ketika pengiriman mesin cuci baru.

Kamu juga dapat meminta bantuan  pada  pihak pengirim untuk melepas baut-baut tersebut .

2.  Pahami Instruksi dari Pabrik

Pada setiap pembelian unit mesin cuci pasti selalu disertai dengan buku panduan nya . Buku tersebut isinya berupa berbagai informasi, termasuk juga cara memakai mesin cuci baru.

Sehingga kamu  akan mengetahui cara mengoperasikan mesin cuci secara tepat supaya alat ini tidak mudah rusak.  D alam buku panduan juga ada tips merawat dan tips membersihkan mesin cuci sesuai model yang kamu pilih.

BACA JUGA : Apakah Normal Jika Kompresor Merek Kulkas Terbaik Panas, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

3.  Hubungkan pada Sumber Listrik dan Sumber Air  

Pastikan bahwa mesin cuci kamu telah terhubung dengan sumber listrik dan sumber air yang bersih untuk mem udahkan   dalam penggunaannya.

Namun , jangan kamu letakkan mesin cuci pada tempat  yang  lembap atau terkena aliran air secara langsung. Karena hal tersebut dapat memicu terjadinya karat dan korosi yang bisa membuat komponen pada mesin  jadi rusak .

Tips   penggunaan merek m esin c uci terbaik yang b aru  kamu beli :

1.  J alankan Siklus Pencucian Kosong

Siklus ini merupakan proses pencucian mesin cuci tanpa ada pakaian  di dalamnya . Berikut caranya :

-  Tekan tombol Power atau tombol On / Off  pada mesin cuci baru kamu

-  Tuang  sedikit  detergen ke e dalam kompartemen laci detergen

-  Aktifkan suplai air ke mesin cuci

-  Tekan tombol temperatur secara berulang- ulang   hingga ditampilkan angka 40 celcius

-   Kamu tekan t ombol Start (mulai) /   tombol Pause (jeda)

-  Setel Pengaturan Program

BACA JUGA : Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi

Mesin cuci  akan  membuat pekerjaan rumah kamu jadi semakin praktis. Namun , bukan berarti kamu menggunakannya dengan asal-asalan.

Sama  halnya  seperti mencuci secara konvensional, kamu juga harus memilah pakaian kotor  kamu  untuk dicuci berdasarkan dengan jenis pakaian, warna,  bahan  dan tingkat kotornya.

Kamu dapat   mengecek buku panduan terlebih dahulu dan kamu p ahami fitur-fitur yang ada di mesin cuci  kamu untuk melakukan pengaturan program dalam mesin cuc i. Pastikan kamu p aham   berbagai opsi pencucian pada  unit mesin cuci  kamu .

Apabila hal itu  tidak diperhatikan, maka akan membuat  pakaian kamu jadi  rusak, dan mesin cuci baru kamu juga men jadi tidak awet.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek AC Terbaik Panasonic Nyala Sebentar Lalu Mati

2.  Pilih Detergen yang Tepat

Detergen  yang kamu gunakan  akan berpengaruh pada hasil pencucian dan  performa mesin cuci  kamu . Jika s alah memilih detergen, maka bisa saja  mesin dan pakaian jadi cepat rusak. Maka dari  itu ,   pakai detergen yang disarankan dari produsen mesin cuci.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan merek mesin cuci terbaik yang kondisinya masih baru dan tips penggunaannya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :