Jenis Anuitas Kredit 2024 Dan Bunga Yang Berlaku

Rabu 07-08-2024,07:59 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Iuran dana pensiun

Layaknya ansuransi, iuran dana pensiun menggunakan suku bunga anuitas tangguhan. Menjadi kewajiban bulanan untuk terus disetorkan, pada dana pensiun mengikuti peraturan pemerintah.

Berlaku pada suku bunga investasi

Dengan menggunakan anuitas biasa, debitur atau nasabah bisa menarik dana kapanpun. Contohnya jika menginvestasikan uang 50 juta dalam waktu 1 tahun.

Dengan suku bunga anuitas biasa ada keuntungan senilai 6.5 juta. Di mana nantinya setelah 1 tahun dana yang bisa di dapat bernilai 56.5 juta. Keuntungan dalam investas bisa dirasakan kapanpun dengan bunga anuitas.

Beragam jenis anuitas kredit 2024

- Antuitas biasa

Disebut dengan anuitas sederhana, ini hal yang paling umum digunakan di perbankan. Dalam konsep ini, anuitasmenjadi suatu yang dibayarkan bak kredit atau investasi selesai.

- Antuitas jatuh tempo

Berbanding terbalik dengan anuitas sederhana, antuitas jatuh tempo tidak bisa ambil uang sewaktu waktu. Jika transaksi perbankan disepakati, pencairan anuiitas hanya bisa keluar sesuai kontrak.

BACA JUGA : Begini Cara Ikuti Proses Lelang KPR Bank Mandiri 2024

- Antusias tangguhan

Anuitas tangguhan merupakan kombinasi antara anuitas biasa dan antuitas jatuh tempo. Pencairan anuitas tangguhan punya tempo durasi pendek. Dan dalam 1 tahun hanya bisa cair berkisar 2 sampai 4 kali dalam 1 tahun.

- Antusias langsung

Merupakan pembayaran rutin dalam jumlah tertentu, sama halnya dengan anuitas biasa. Pengambilan kredit 2024 di Indonesia juga sering menggunakan antuitas langsung.

Cara menghitung bunga anuitas

Kategori :