5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Senin 05-08-2024,08:40 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWYA JOGJA - Terdapat  beberapa penyebab merek kulkas terbaik Samsung 2 pintu kamu tidak dingin. Penyebab yang paling sering terjadi yaitu  karena sistem defrost pada kulkas tidak dapat bekerja atau gas freon yang ada dalam kulkas sudah  habis.

Sistem deforst pada merek kulkas terbaik fungsinya untuk mencairkan lapisan bunga es yang ada di sekitar pipa evaporator kulkas , sedangkan g as f reon memiliki peran yang besar dalam operasional sistem pendingin pada kulkas. Tanpa  ada   gas freon , kulkas tidak akan bisa  bekerja secara  normal.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Solusi yang paling mudah untuk mengetahui  adanya  kerusakan pada merek kulkas terbaik Samsung yang tidak dingin tersebut yaitu dengan cara baca buku panduan kulkas kamu yang diberikan oleh pabrik pembuatnya saat kamu  beli  kulkas .

tetapi  jika kamu  tidak me mpunyai buku panduan untuk mengatasi kerusakan  merek  kulkas terbaik Samsung , kamu tidak perlu  khawatir , kamu harus ketahui  apa saja penyebab dari kulkas Samsung 2 pintu k a mu   mengalami tanda kerusakan tidak dingin.

Berikut penyebab kerusakan pada kulkas samsung 2 pintu  :

1. Defrost tidak bekerja

Keberadaan p ipa evaporator kulkas Samsung 2 pintu ada di belakang freezer.  E vaporato r berfungsi  menghasilkan suhu udara   dingin  yang  akan dihembuskan ke dalam   freezer oleh kipas evaporator dan sebagian   akan mengalir pada  ruangan bawah kulkas. Sehingga  suhu dalam kulkas jadi dingin.

Namun, saat  sistem defrost tidak bekerja, maka akan timbul tumpukan bunga es pada  area evaporator  yang menyebabkan   berkurangnya volume di area evaporator   akibat banyaknya lapisan es pada area evaporator , sehingga   mengakiabtkan kulkas kamu menjadi tidak dingin.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Hal itu   karena  volume udara dingin yang dihembuskan kipas evaporator tidak cukup untuk membuat  ruangan kulkas  dingin .  Apabila  tumpukan es makin besar, kadang bisa  menghambat putaran kipas evaporator. Sehingga kipas tidak bisa  berputar untuk me nghembuskan  udara  yang  dingin ke ruangan kulkas.

Kerusakan pada kulkas Samsung 2 pintu yang tidak dingin akibat  dari  sistem defrost yang tidak bekerja ditandai dengan adanya  bunga es yang numpuk pada area evaporator.

Kamu harus membuka tutup belakang pada freezer untuk melihat k eadaan evaporator ini.

2. Freon kulkas habis

Gas freon bersirkulasi di jaringan komponen pendingin pada kulkas, seperti kompresor, kondensor , evaporator ,  dan katup ekspansi.

Sirkulasi gas freon be rtugas  menyerap suhu panas yang ada di dalam kulkas dan mengeluarkannya lewat pipa kondensor.

G as freon yang ada pada kulkas tidak akan bisa habis jika tidak ada yang bocor   di  jaringan pipa dan di komponen pendingin   kulkas.

Gas freon bisa  bertahan lama sebab  mengalami siklus tetap tanpa membuat kapasitasnya  berkurang .

Namun, apabila  terjadi kebocoran   pipa atau komponen pendingin kulkas, maka bisa mengakibatkan gas freon tersebut bocor dan habis.

BACA JUGA : Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik

3. Gas freon mampet

Kendala  ini terjadi sebab  aliran gas freon yang bertugas memindahkan panas dari dalam kulkas mengalami gangguan .   Kondisi ini umumnya terjadi di  kulkas Samsung yang berusia lama  atau  lebih dari 4 tahun. Penyebabnya karena  penumpukkan kotoran dan debu minyak pelumas di  pipa pendingin kulkas.

Penumpukan kotoran  yang   menyebabkan  gas freon mampet bias a nya terjadi di  kondensor kulkas, filter atau di pipa kapiler kulkas.

Untuk mengatasi masalah ini   perlu dilakukan flishing atau pemebersihan pada pipa pendingin dengan memakai  cairan pembersih  yang  khusus.

4. Kompresor kulkas rusak

Jika   merek kulkas terbaik Samsung 2 pintu kamu  tidak dingin t et api lampu kulkas menyala, bisa jadi penyebabnya adalah  kompresor kulkas   tidak berfungsi atau sudah mati.

Kompresor kulkas adalah  komponen kulkas yang fungsinya  membuat gas freon bersirkulkasi di   komponen pendingin kulkas  dan dalam jaringan pipa.

Apabila  kompresor ter kendala kerusakan, maka dapat  dipastikan proses pendinginan pada kulkas tidak akan bisa  berjalan.   Kerusakan yang terjadi di  kompresor bisa   karena  kumparan dinamo kompresor yang putus atau komponen overload dan relay tidak dapat bekerja.

5. Sistem kelistrikan kulkas bermasalah

Di  sistem kelistrikan kulkas Samsung 2 pintu ada  beberapa komponen pendukung   seperti timer, soket perkabelan  dan switch.

Kamu harus me ngecek  tiap kabel dan sambungan soket kabel untuk memastikan bahwa tidak ada jalur kelistrikan yang mengalami putus.

Masalah ini  biasanya ditandai dengan  lampu kulkas yang tidak menyala atau komporesor kulkas tidak ada bunyi nya .

BACA JUGA : Tips Mudah Menata Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik Samsung 2 pintu tidak dingin yang sering  terjadi   pada kulkas Samsung.  Apabila  kerusakan kulkas lumayan  parah,  sebaiknya kamu hubungi jasa layanan perbaikan kulkas supaya  segera di atasi .  Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :